Sambut Harkannas, KKP dorong masyarakat Jawa Tengah meningkatkan konsumsi ikan

Selasa, 03 Desember 2019 | 18:23 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Sambut Harkannas, KKP dorong masyarakat Jawa Tengah meningkatkan konsumsi ikan


KELAUTAN DAN PERIKANAN -  JAKARTA. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemda Kabupaten Magelang beserta Pemprov Jawa Tengah menyelenggarakan Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 Tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (30/11) lalu dan puncaknya pada Minggu (1/12) di Magelang, Jawa Tengah. 

Acara yang berlangsung semarak dihadiri Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP), PJ. Sekda Provinsi Jawa Tengah, Kadis Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, DPRD Jawa Tengah, Wakil Bupati Magelang, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Kab/Kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah, dan para pelaku usaha kelautan dan perikanan. 

Baca Juga: Dikabarkan akan jadi bos BUMN, begini komentar Susi Pudjiastuti

Wakil Bupati Magelang, Edy Cahyana dalam sambutannya mengatakan bahwa konsumsi ikan tahun 2018 Kabupaten Magelang sebesar 19,05 kg/kap/tahun, masih di bawah Propinsi Jateng sebesar 33,48 kg/kapita/tahun, dan masih dibawah Tingkat Nasional yang sebesar 50,69 kg/kapita/tahun. 

Berdasarkan data KKP, angka konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah selama 5 tahun sejak tahun 2015 hingga tahun 2019 sebagai angka target mengalami trend yang meningkat. Tahun 2015 tercapai 22.37 kg/kapita, kemudian tahun 2016 tercapai 26.71 kg/kapita, tahun 2017 tercapai 29.81 kg/kapita, tahun 2018 tercapai 33.48 kg/kapita dan tahun 2019 ditargetkan 36.50 kg/kapita.

"Oleh karena usaha untuk meningkatkan konsumsi ikan adalah suatu keharusan, dengan Gemarikan diharapkan akan tumbuh kesehatan masyarakat dengan melibatkan berbagai elemen masyarakat. Pemda akan terus berupaya selalu meningkatkan kampanye gemar makan ikan agar selalu sehat cerdas dan kuat," ujar Edy Cahyana seperti dikutip dari siaran pers, Selasa (3/12).

Sementara itu, Direktur Jenderal PDSPKP KKP, Agus Suherman menegaskan bahwa Kabupaten Magelang perlu ada transformasi budaya dari makan daging ke makan ikan, untuk itu perlu usaha untuk berproses terhadap perubahan tersebut. 

Baca Juga: Sambut Hari Ikan Nasional, KKP gelar makan ikan bersama ribuan pelajar & pegawai

"Kenalkan makan ikan dengan program Gemarikan kepada anak anak tingkat Paud, TK dan SD. Kegiatan Gemarikan ini diharapkan kerja sama antara lembaga pemerintah dan BUMN. KKP siap untuk bekerja sama dengan pemda berkoordinasi untuk lokasi yang perlu intervensi pemerintah untuk menaikkan konsumsi ikan," ujarnya mewakili Menteri Kelautan dan Perikanan.

Editor: Noverius Laoli

Terbaru