Sampah pascabanjir, Wali Kota Bekasi berencana hubungi Anies Baswedan

Selasa, 07 Januari 2020 | 17:00 WIB Sumber: Kompas.com
Sampah pascabanjir, Wali Kota Bekasi berencana hubungi Anies Baswedan

ILUSTRASI. Walikota Bekasi Rahmat Effendi terpilih menyalami warga saat pawai arak-arakan sekaligus menyambut 10 Muharram di Jalan Ahmad Yani, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (20/9/2018). Rahmat Effendi- Triadhianto dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota Bekasi peri


BEKASI - BEKASI. Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi berencana menghubungi Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk membahas pengangkutan sampah pascabanjir di Kota Bekasi.

"Saya akan menghubungi Pak Gubenur Anies untuk memberikan ruang di TPST Bantargebang agar sampah-sampah akibat banjir ini dapat dibuang ke sana," ujar pria yang akrab disapa Pepen itu dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (7/1).

Pasalnya, sampah banjir di Kota Bekasi amat tinggi volumenya. Pemerintah Kota Bekasi sampai mengerahkan hampir 300 truk sampah untuk mengangkutnya lebih dari tiga rit sehari.

Baca Juga: Catat, mulai Juli 2020 Pemprov DKI larang plastik sekali pakai

Jumlah itu setara 1.500 ton sampah per hari, menurut Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi. Akibatnya, TPA Sumur Batu yang jadi lokasi pembuangan sampah-sampah saat ini penuh.

"Hal yang lebih besar untuk dihadapi dan mendapat penanganan serius, yakni tumpukan sampah pascabanjir usai, karena sudah mulai bau tak sedap," kata Pepen.

Pantauan Kompas.com di TPA Sumur Batu, Selasa siang, antrean masuk truk sampah dari segala penjuru Kota Bekasi tak terelakkan. Satu antrean bisa mencapai 10 truk yang menunggu buangan.

Rata-rata truk tersebut mengangkut sampah lebih tinggi dari kapasitas bak truk. Isinya sebagian besar berupa rongsokan perabot rumah tangga. (Vitorio Mantalean)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wali Kota Bekasi Ingin Hubungi Anies agar Sampah Bekasi Dibuang di TPST Bantargebang",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru