Sandiaga optimistis MRT fase II mulai operasi tahun 2021

Kamis, 21 Juni 2018 | 21:17 WIB   Reporter: Kiki Safitri
Sandiaga optimistis MRT fase II mulai operasi tahun 2021

ILUSTRASI. Sandiaga Uno


MRT - JAKARTA. Proyek Mass Rapid Transit (MRT) fase II saat ini sedang melalukan proses persiapan untuk tahap lelang konstruksi. Namun Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno memastikan bahwa tahun 2021 MRT sudah mulai dapat beroperasi.

"Kalau target selesai kapan, untuk fase kedua itu dimulainya akhir tahun ini dan mulai bisa beroperasi 2021," kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Kamis (21/6).

Proses lelang dilakukan oleh MRT Jakarta sama seperti lelang tahap I dengan melakukan kerja sama G2G (Goverment to Goverment) dalam hal ini Indonesia dan Jepang.

Sejauh ini MRT melalui Kementerian Keuangan RI sudah memberikan surat kepada Pemerintahan Jepang terkait dengan dana investasi bernilai Rp 22,5 triliun.

"Sekarang bolanya di pemerintahan Jepang. Tahap selanjutnya adalah finalisasi paket pendanaan dan kita masih memiliki target untuk memulai konstruksi tahap kedua sebelum ahir tahun," ujar Sandiaga.

Sementara itu, untuk MRT fase III sejauh ini sedang dalam feasibility study (studi kelayakan) sehingga pihak Pemprov DKI masih belum dapat memberikan angka pastinya hingga proses feasibilitiy study selesai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru