Sebanyak 1.581 personel gabungan amankan Borobudur Marathon 2018

Sabtu, 17 November 2018 | 14:08 WIB   Reporter: kompas.com
Sebanyak 1.581 personel gabungan amankan Borobudur Marathon 2018

ILUSTRASI. Bank Jateng Borobudur Marathon (BJBM)


OLAHRAGA - MAGELANG. Sebanyak 1.581 personel gabungan bersiap mengamankan perhelatan Bank Jateng Borobudur Marathon, Minggu (18/11). Kapolres Magelang AKBP Hari Purnomo mengatakan, ribuan personel keamanan itu terdiri dari 1.235 polisi dan 346 personel TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan lain-lain.  

Seluruh personel telah melakukan gelar pengamanan di Lapangan Samudraraksa Komplek Taman Wisata Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Sabtu (17/11).  "Kami ingin memastikan personel, sarana prasarana, ploting personel, benar-benar sesuai arahan mulai sekarang sampai pelaksanaan Borobudur Marathon besok," kata Hari, disela-sela kegiatan, Sabtu siang. 

Menurut Hari, personel yang dikerahkan cukup banyak mengingat Bank Jateng Borobudur Marathon 2018 adalah event besar yang diikuti lebih dari 10.000 peserta. Perserta atau pelari berasal dari berbagai kalangan, baik dari daerah di Indonesia, juga luar negeri. "Event ini melibatkan banyak peserta. Mereka dibagi dalam 3 kategori, yakni 10k, half marathon (21K) dan full marathon (42K)," ujarnya. 

Adapun titik atau lokasi yang menjadi fokus pengamanan antara lain di start dan finish di dalam Taman Lumbini Candi Borobudur, setiap persimpangan di lintasan pelari, gang-gang kecil, dan titik strategis lainnya. "Nanti akan ada personel di lintasan per 50 meter sampai 100 meter. Kami ingin pastikan seluruh pelari merasa aman, nyaman, tidak terganggu dengan lalu lalang kendaraan," ujar Hari.  

Menurut Hari, gangguan keamanan tidak hanya aksi kriminal maupun terorisme, tetapi juga bencana alam. Pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang untuk antisipasi bencana alam. 

"Kendala yang kami prediksi adalah cuaca hujan, tetapi kami sudah persiapkan jas hujan. Lalu bencana alam misalnya pohon tumbang, kami sudah koordinasi dengan BPBD," ucapnya. (Ika Fitriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "1.581 Personel Gabungan Amankan Borobudur Marathon 2018"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru