Sebanyak 557 pasangan daftar peserta nikah massal dan isbat nikah di malam tahun baru

Minggu, 30 Desember 2018 | 16:00 WIB   Reporter: kompas.com
Sebanyak 557 pasangan daftar peserta nikah massal dan isbat nikah di malam tahun baru

ILUSTRASI. NIKAH MASSAL


TAHUN BARU - JAKARTA. Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual DKI Jakarta Hendra Hidayat mengatakan, sudah ada 557 pasangan yang mendaftar sebagai peserta nikah massal dan isbat nikah (pengesahan pernikahan siri) pada malam pergantian tahun 2018 ke 2019. 

"Sampai dengan Jumat kemarin yang terdata ada 557 pasang untuk nikah baru dan isbat nikah," ujar Hendra saat dihubungi Kompas.com, Minggu (30/12). Hendra menyampaikan, kegiatan nikah massal akan digelar serentak di lokasi park and ride Jalan MH Thamrin Nomor 10, Jakarta Pusat, pada Senin (31/12) malam. 

Sementara itu, isbat nikah sudah digelar di pengadilan agama masing-masing wilayah kota. "Isbat nikah sudah. Kayak di Jakarta Selatan itu udah 97 (pasangan). Kalau itsbat itu kan harus di ruang pengadilan," kata dia. 

Meskipun demikian, para peserta isbat nikah akan tetap hadir dalam kegiatan nikah massal besok. Mereka akan menerima buku nikah dan mahar Rp 500.000 dari Bazis DKI Jakarta. "Nanti mereka dihadirkan untuk menerima buku nikah secara simbolis," ucap Hendra. 

Adapun dalam kegiatan nikah massal dan isbat nikah ini, setiap kelurahan di Jakarta boleh mengirimkan tiga pasangan sebagai peserta nikah massal dan isbat nikah. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "557 Pasangan Daftar Jadi Peserta Nikah Massal dan Isbat Nikah pada Malam Tahun Baru"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru