Siang ini, Selasa (1/10) mahasiswa akan kembali demo di depan gedung DPR

Selasa, 01 Oktober 2019 | 11:33 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Siang ini, Selasa (1/10) mahasiswa akan kembali demo di depan gedung DPR

ILUSTRASI. Kericuhan unjuk rasa menolak UU KPK dan pengesahan RUU KUHP


DEMONSTRASI - JAKARTA. Aliansi Mahasiswa Indonesia yang terdiri dari BEM-BEM universitas akan kembali melakukan aksi di depan gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Ketua Dewan Mahasiswa UIN, Sultan Rifandi menyebut, aksi mahasiswa dimulai sekira pukul 13.00 WIB. "Titik kumpul di GBK (Gelora Bung Karno), nanti kita sama-sama longmarch ke DPR," ujar Sultan ketika dihubungi Kompas.com, Selasa.

Baca Juga: Drama 7 jam aksi demonstran yang berakhir rusuh di sekitar Gedung DPR

Sultan menyebut, tuntutan mahasiswa dalam aksi hari ini tidak banyak berbeda dengan tuntutan saat kali pada Selasa (24/9 lalu dan Senin (30/9). Meskipun beberapa RUU bermasalah seperti RKUHP, RUU Pertanahan, dan RUU Pertanahan -- telah diputuskan nasibnya kemarin, namun mahasiswa masih memiliki beberapa tuntutan lain, seperti dalam isu kejahatan lingkungan, isu antikorupsi, dan penangkapan aktivis.

Sultan mengatakan, tuntutan mahasiswa bertambah satu hari ini, terkait jatuhnya korban-korban sipil akibat kekerasan aparat selama gelombang aksi unjuk rasa sepekan terakhir.

"Tuntutan sama seperti yang kemarin, cuma memang ada tambahan isu kemanusiaan, korban-korban aksi teman-teman kita di daerah, dan dari beberapa kampus," jelas dia.

"Tapi yang jelas tidak ada agenda menggagalkan pelantikan dan sebagainya," imbuh Sultan.

Baca Juga: Aksi demonstrasi rusuh, stasiun MRT Bendungan Hilir tutup lebih cepat

Di sekitar gedung DPR/MPR, polisi masih berjaga. Separator dan kawat berduri masih terpasang di sekitar gedung Dewan, polisi dan tentara beserta kendaraan taktis bersiaga di lokasi.

Dalam aksi unjuk rasa Senin kemarin, Pemprov DKI Jakarta mencatat 210 korban dibawa ke rumah sakit. Polisi juga sempat menembakkan gas air mata ke pos evakuasi dan medis demonstran di Unika Atma Jaya Semanggi, semalam. (Vitorio Mantalean)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Selasa Siang, Mahasiswa Akan Kembali Demo di Depan Gedung DPR", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru