Simak rekayasa lalu lintas di Ragunan selama libur Natal dan Tahun Baru

Senin, 24 Desember 2018 | 13:08 WIB   Reporter: Herlina KD
Simak rekayasa lalu lintas di Ragunan selama libur Natal dan Tahun Baru

ILUSTRASI.


LALU LINTAS - JAKARTA. Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan melakukan rekayasa lalu lintas di depan Taman Margasatwa Ragunan untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas saat libur panjang Natal dan Tahun Baru 2019.  

Kepala Seksi Pengendalian Operasional Sudin Perhubungan Jakarta Selatan Edi Sufa'at mengatakan, pihaknya menyiagakan 100 personel untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas di sekitar kawasan Ragunan. 

"Rekayasa lalu lintas di kawasan Ragunan bertujuan mengurangi crossing, sehingga arus lalu lintas dapat lebih lancar," kata Edi, Senin (24/12). 

Ia mengatakan, penumpukan kendaraan di wilayah tersebut disebabkan banyak kendaraan yang berputar maupun menyeberang. 

Sebanyak 50 cone plastik dipasang untuk menata arus lalu lintas agar tidak terjadi crossing line. 

Kasatpel Perhubungan Kecamatan Pasar Minggu Tatang mengatakan, kepadatan arus lalu lintas cukup tinggi di pintu utama Taman Margasatwa Ragunan.   

"Ada delapan titik penjagaan petugas, yakni pintu utama, pintu barat, pintu selatan, pintu timur, simpang Kementerian Pertanian, depan RSUD Pasar Minggu, simpang Jalan Cilandak KKO, dan juga Terminal Pasar Minggu," ujar Tatang. 

Rekayasa lalu lintas diberlakukan mulai pukul 06.00-10.00 secara situasional selama liburan Natal dan Tahun Baru 2019. 

Sistem satu arah juga akan diberlakukan apabila kepadatan arus lalu lintas meningkat di kawasan tersebut. 

Sistem satu arah dilakukan dari arah utara menuju selatan yang melewati pintu utama Taman Margasatwa Ragunan mengarah pintu barat dan arus lalu lintas dari pintu barat ke timur. (Anandita Getar Rezha Pratama)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Rekayasa Lalu Lintas di Kawasan Ragunan Selama Libur Natal dan Tahun Baru"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru