Singkawang targetkan pembangunan bandara 2018

Selasa, 19 Desember 2017 | 10:19 WIB Sumber: Antara
Singkawang targetkan pembangunan bandara 2018


PROYEK INFRASTRUKTUR - PONTIANAK. Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, pada masa kepemimpinannya hingga lima tahun ke depan akan memprioritaskan pembangunan bandara sekaligus pembenahan bidang pariwisata di kota yang terletak di Kalimantan Barat itu.

"Bandara, paling telat di bulan Mei 2018 sudah dilakukan peletakkan batu pertama pembangunan. Ini menjadi salah satu program prioritas kita, karena bandara memiliki peran penting dalam mempercepat pembangunan suatu daerah," kata Tjhai Chui Mie di Singkawang, Selasa (19/12).

Untuk menopang perekonomian di kota itu, pihaknya juga akan memaksimalkan sektor wisata yang ada, di mana salah satunya dengan membangun lokasi-lokasi wisata baru.

"Untuk menunjang pariwisata dibangun taman gayung bersambut yang terletak di depan Kantor Wali Kota Singkawang. Sehingga di bulan Januari nanti kita sudah mulai membangun taman kota ini," katanya.

Menurutnya, pembangunan taman gayung bersambut sama sekali tidak menggunakan APBD Kota Singkawang. Namun, menggunakan dana pihak ketiga, yang sudah digandeng oleh pihaknya.

Di samping cerita pembangunan, dia bersama Irwan juga tentunya tidak akan mengesampingkan visi misi yang lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, pertanian, dan sebagainya.

Sehingga apa yang menjadi visi dan misi Tjhai Chui Mie dan Irwan bisa terakomodasi menjadi program dan berjalan pada tahun 2018.

Secara garis besar, kata Tjhai Chui Mie, selain apa yang telah menjadi visi dan misi program "Chair", dan hasil dialog bersama dengan warga saat kampanye tentu menjadi prioritas. "Yang jelas program yang pro rakyat akan dilanjutkan," tegasnya.

Bahkan, dia juga memberikan gambaran bahwa tahun 2018 mendatang untuk memperhatikan sektor-sektor penting dalam menopang kehidupan masyarakat seperti infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, serta bidang-bidang lainnya.

Di bidang infrastruktur, akan diprioritaskan pembangunan irigasi untuk petani, drainase, hingga normalisasi sungai.

 

Kartu Sehat

Dalam bidang kesehatan, Tjhai Chui Mie menginginkan seluruh warga yang tidak mampu dapat terakomodasi dalam program layanan kesehatan yang diberi nama Kartu Singkawang Sehat (KSS).

"Artinya mereka yang tidak masuk dalam program Kartu Indonesia Sehat (KIS) akan diakomodasi dalam KSS ini dan kita ingin pelayanan KSS ini sama dan cepat. Makanya nanti kita akan melakukan pendataan ulang siapa yang berhak masuk program KSS dan tentunya sekali lagi saya tekankan, penerima KSS ini disesuaikan dengan anggaran APBD yang ada," jelasnya.

Di bidang pendidikan, kata dia, pihaknya juga akan menelurkan Kartu Singkawang Pintar (KSP), sehingga warga tidak tertampung dalam program Kartu Indonesia Pintar (KIP) bisa tertampung di KSP ini.

Bahkan ia juga ingin mencoba format lain dalam upaya peningkatan pendidikan di Kota Singkawang ini. Seperti pembelajaran tidak monoton dan harus aplikatif sesuai jenjang pendidikan dan ruang lingkup pendidikan yang menjadi kewenangan Pemkot Singkawang.

"Saya tidak ingin ada lagi keluhan-keluhan terkait dunia pendidikan kita. Dan ini harus dilakukan secara bersama-sama masyarakat dunia pendidikan jika ingin pendidikan di Kota Singkawang maju," katanya.

Namun, tambahnya, untuk mewujudkan semua itu, dia sangat mengharapkan kerja sama sama yang baik antarseluruh elemen pemerintah dan masyarakat.

"Karena untuk membangun kota itu tidak bisa ditumpukan kepada kami berdua saja, tapi harus melibatkan semua pihak," ajaknya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Singkawang, Irwan mengatakan bahwa apa yang dikatakan Tjhai Chui Mie sudah menjadi komitmennya bersama.

"Nanti masyarakat akan tahu sendiri bagaimana sepak terjang Wali Kota Singkawang yang sekarang ini bahwa membangun kota itu tidak perlu menggunakan dana APBD," katanya.

Sementara Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya usai menghadiri acara sertijab tersebut mengingatkan, agar Tjhai Chui Mie - Irwan selalu kompak dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin.

"Karena kekompakan ini bisa menjadi modal mereka untuk membangun Singkawang," katanya.

Untuk itu, pintanya, bekerjalah dengan serius dan sungguh-sungguh serta laksanakan tugas sesuai dengan Undang-Undang.

Dia juga mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Singkawang untuk mendukung kepemimpinan Tjhai Chui Mie - Irwan.

"Kepada masyarakat, taatilah pemimpin yang telah dipilih ini," katanya.

Demikian pula kepada seluruh ASN di lingkungan Pemkot Singkawang, juga harus menaati pemimpin yang baru. "Tidak hanya taat, tapi juga harus loyal kepada pimpinan, siapa pun dia," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru