Sofyan Djalil janjikan tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia bersertifikat

Rabu, 10 April 2019 | 14:19 WIB Sumber: Kompas.com
Sofyan Djalil janjikan tahun 2025 seluruh tanah di Indonesia bersertifikat


REFORMA AGRARIA - SUKABUMI. Menteri Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil berjanji seluruh tanah di Indonesia pada tahun 2025 akan bersertifikat. Pernyataan tersebut disampaikan Sofyan setelah menyerahkan sertifikat tanah wakaf di Sukabumi, Rabu (10/4).

Penerbitan sertifikat tanah wakaf ini diperuntukkan untuk sarana peribadatan masyarakat, diantaranya masjid, musala, pemakaman umum, majelis taklim, dan madrasah. "Kalau Allah mengizinkan seluruh tanah di Indonesia kami punya target tahun 2025 sudah bersertifikat," kata Sofyan.

Sofyan menjelaskan, penyerahan sertifikat tanah wakaf untuk wilayah Sukabumi sebanyak 1.507 lembar sertifikat. Sedangkan untuk seluruh Jawa Barat, sudah sebanyak 23.730 lembar sertifikat yang diterbitkan dan diserahkan.

Penerbitan sertifikat tanah wakaf ini akan terus dilaksanakan bersamaan dengan penerbitan sertifikat tanah rakyat. Penerbitan sertifikat tanah wakaf ini manfaatnya antara lain untuk penerimaan bantuan dari pemerintah.

"Semoga nanti pesantren, masjid atau apa saja yang perlu mendapatkan bantuan pemerintah sudah memiliki sertifikatnya," ujarnya.

Salah seorang penerima sertifikat tanah wakaf, Oni Sudrajat mengapresiasi program pemerintah pusat tersebut dan berharap nantinya sertifikat yang diterimanya bisa bermanfaat untuk kepentingan masyarakat.

"Besar harapan dengan dimilikinya sertifikat ini bisa bermanfaat untuk kepentingan warga," kata Oni yang menerima dua sertifikat untuk masjid dan madrasah yang berlokasi di wilayah Parungkuda.

Sertifikat tanah wakaf di Sukabumi juga diserahkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan. Acara tersebut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum dan Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Budiyanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri ATR Janjikan Tahun 2025 Seluruh Tanah di Indonesia Bersertifikat", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru