Susur Sungai Ciliwung ajak warga peduli lingkungan

Minggu, 20 Agustus 2017 | 14:54 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Susur Sungai Ciliwung ajak warga peduli lingkungan


DKI JAKARTA - Ratusan warga Jakarta siap mengikuti acara Susur Sungai Ciliwung 2017 yang akan digelar pada Sabtu (26/8). Tubing atau meluncur bebas di atas permukaan sungai dengan ban dalam mobil secara massal ini akan dilakukan sejauh tujuh kilometer. Rutenya dari Jembatan Tb Simatupang hingga kawasan Tanjungan, Condet, Balekambang, Kramat Jati, Jakarta.

Panitia yang berasal dari Komunitas Tjondet Kita memperkirakan susur sungai  memakan waktu hingga empat jam.  Ketua Panitia Susur Sungai Ciliwung 2017 Ahmad Maulana mengungkapkan, acara ini merupakan kegiatan yang digelar dari warga untuk warga. Pendanaannya pun dilakukan secara swadaya. Panitia, peserta juga tokoh masyarakat Condet bersama-sama mendanai acara yang juga dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI ini.

Maulana menegaskan, susur sungai ini bertujuan untuk mengingatkan kepada warga bantaran kali tentang pentingnya Ciliwung. “Banyak peserta anak-anak pinggir kali. Lewat acara susur sungai ini, kita pengen mengingatkan kepada warga betapa penting revitalisasi sungai ini supaya bisa kembali bersih seperti zaman orang tua kita dulu,”ujar Lantur, dalam keterangan yang diterima KONTAN, Minggu (20/8).

Warga tidak hanya bisa menikmati rekreasi air di Ciliwung. Sungai ini menyimpan kekayaan sejarah yaitu peradaban masyarakat prasejarah lahir. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya temuan benda purbakala seperti gerabah dan pecahan beliung di daerah Condet yang diperkirakan sudah berusia berkisar 5.000 tahun.

Rute yang dilalui peserta pun akan menyuguhkan pemandangan beragam. Dari daerah aliran sungai yang masih terjaga kebersihannya hingga area pemukiman dimana masih banyak warga dan industri membuang limbah. Untuk membangun kesadaran peserta terhadap kebersihan Ciliwung, setiap kelompok berlomba mengumpulkan sampah yang ditemukan di sungai. Mereka juga akan menyebar spanduk di lima titik di bantaran sungai. Isinya berupa imbauan agar warga tidak membuang sampah sembarangan dan pentingnya menjaga kelestarian Ciliwung. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru