Tak ada kriteria khusus, pendaftaran CPNS 2019 di Bekasi boleh dari luar kota

Selasa, 29 Oktober 2019 | 13:56 WIB Sumber: Kompas.com
Tak ada kriteria khusus, pendaftaran CPNS 2019 di Bekasi boleh dari luar kota

ILUSTRASI. Sejumlah peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) menggunakan sistem Computer Assited Tes (CAT) CPNS secara serantak di Gedung Serbaguna Balai Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (8/12/2018). Pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur


SELEKSI CPNS 2019 - BEKASI. Kepala Badan Kepegawaian, Kependidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Bekasi, Karto mengatakan, tidak ada kriteria khusus dalam pendaftaran lowongan CPNS 2019 di Kota Bekasi.

"Kalau kriteria khusus tidak ada. Enggak ada penekanan di kriteria tertentu," kata Karto dihubungi Kompas.com, Selasa (29/10/2019) siang.

Baca Juga: Ini daftar kementerian dan provinsi dengan jumlah penerimaan CPNS 2019 terbesar

"Dokumen dan persyaratannya juga mengacu ke pemerintah pusat. Kayaknya enggak ada (daerah) yang khusus, selain Papua," ia menambahkan. Karto menjamin, pendaftaran lowongan CPNS di Kota Bekasi tidak meminta kriteria tambahan seperti "taat beragama" sebagaimana di Tangerang Selatan.

Kriteria itu ia nilai tak perlu dan tak relevan. "Ya, kita di Indonesia kan semuanya beragama. Ngapain (menambahkan kriteria tentang taat agama), orang sudah beragama," kata Karto.

Di samping itu, pendaftaran sebagai CPNS Kota Bekasi terbuka bagi seluruh warga Indonesia domisili mana pun. Artinya, CPNS di Kota Bekasi tak mesti ber-KTP Bekasi.

Ketentuan ini sudah lama berlaku, ujar Karto. Sebanyak 171 lowongan CPNS dibuka tahun 2019 ini di Kota Bekasi bagi calon tenaga pendidik (106), kesehatan (55), dan teknik (10).

Baca Juga: Update penerimaan CPNS: Lowongan terbuka di 67 Kementerian/Lembaga dan 462 Pemda

Karto memastikan, lowongan CPNS di Kota Bekasi telah diinformasikan oleh instansi-instansi terkait yang membuka lowongan. Dinas Pendidikan membutuhkan tenaga pendidik, Dinas Kesehatan membutuhkan tenaga kesehatan.

Sementara Dinas Tata Ruang, Dinas Permukiman dan Pertanahan, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) membutuhkan tenaga teknik.

"Bagi warga Kota Bekasi yang ingin segera mendaftar, silakan mendaftar melalui online, di situs penerimaan CPNS," ujar Karto, merujuk portal SSACN pada https://sscasn.bkn.go.id. (Vitorio Mantalean)

Baca Juga: 13 hari lagi registrasi CPNS 2019! Ini 5 dokumen syaratnya

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Ada Kriteria Khusus Pendaftaran CPNS di Bekasi, Warga Luar Kota Boleh Mendaftar", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru