Takut dipolitisir, Sandiaga gagal ikut Bank Jateng Borobudur Marathon 2018

Sabtu, 17 November 2018 | 19:55 WIB   Reporter: kompas.com
Takut dipolitisir, Sandiaga gagal ikut Bank Jateng Borobudur Marathon 2018

ILUSTRASI. Sandiaga Uno


OLAHRAGA - 

MAGELANG. Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahuddin Uno sedianya akan mengikuti Bank Jateng Borobudur Marathon di Candi Borobudur Magelang, Minggu (18/11) besok. 

Namun keinginan itu gagal karena ia khawatir keikutsertaannya di ajang olahraga lari yang diselenggarakan oleh Pemprov Jateng, didukung oleh Bank Jateng dan Harian Kompas itu dipolitisir oleh pihak-pihak tertentu. 

"Saya sudah coba mendaftar, tapi khawatir dipolitisir, nanti dianggap menggunakan ajang lari sebagai bagian kampanye politik. Saya putuskan tidak ikut," kata Sandi, di sela-sela kunjungan ke Pasar Rejowinangun, Kota Magelang, Sabtu (17/11). 

Pada hari yang sama dengan Bank Jateng Borobudur Marathon, Minggu (18/11), Sandi juga berencana akan melakukan kunjungan di beberapa tempat di kawasan Borobudur, antara lain di Pasar Sayur Borobudur, Roemah Djoeang Jateng VI, dan rumah makan di Mungkid. 

Tapi mantan wakil gubernur DKI Jakarta itu juga enggan melakukan cheering atau memberikan semangat kepada para pelari karena khawatir akan mengganggu pelaksanaan event tersebut. "Saya tidak ikut (lari) dan tidak juga men-cheering pelari, karena takut mengganggu proses Borobudur Marathon, menghormati pelari," ucap Sandi.

Sandi sendiri mengaku galau karena selama berpolitik tidak bisa leluasa menyalurkan hobinya olahraga di event-event semacam Bank Jateng Borobudur Marathon. "Jadi ini salah satu yang membuatnya trenyuh, sedih, galau, karena enggak bebas lagi mengikuti kegiatan seperti itu karena baik penyelenggaranya maupun pesertanya mungkin engga nyaman ada saya," ungkap Sandi. 

"Ini yang saya sayangkan, bahwa sangat political minded orang-orang, semua disekat-sekat. Padahal olahraga itu universal, kalau saya senang olahraga boleh dong, kalau saya senangnya lari, tapi ya udah daripada saya cengeng saya lari aja sendiri," sambungnya. 

Kendati demikian, Sandi tetap mendukung event Bank Jateng Borobudur Marathon yang telah menjadi event yang paling banyak diminati ini. (Ika Fitriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Takut Dipolitisir, Sandiaga Gagal Ikut Bank Jateng Borobudur Marathon 2018"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru