Takut tertular corona, sejumlah warga pulau Natuna memilih mengungsi

Rabu, 05 Februari 2020 | 17:12 WIB   Reporter: Handoyo
Takut tertular corona, sejumlah warga pulau Natuna memilih mengungsi

ILUSTRASI. Sejumlah Warga Negara Indonesia (WNI) asal Wuhan, Hubei, China beraktivitas di depan Hanggar Pangkalan Udara Raden Sadjad, Ranai, Natuna, Kepulauan Riau, Selasa (4/2/2020). Menurut data Kementerian Kesehatan bahwa 238 orang WNI yang menjalani proses obser


VIRUS CORONA - JAKARTA. Sejumlah warga Pulau Natuna memilih mengungsi dan keluar dari Pulau Natuna. Hal tersebut dilakukan lantaran mereka takut tertular virus corona dari 238 WNI asal Wuhan, China, yang dikarantina selama 2 minggu di sana. 

Kekhawatiran itu terus terjadi meskipun Pemerintah, baik Presiden maupun Kementerian Kesehatan telah menjamin kesehatan semua warga yang ada, baik mereka yang tengah menjalani observasi, maupun masyarakat yang memang mendiami Natuna. Apalagi, sejauh ini semua WNI asal China terpantau dalam kondisi sehat. 

Baca Juga: Ciptakan vaksin virus corona, ilmuwan Inggris membuat terobosan

Sementara, lokasi observasi dan pemukiman warga yang berjarak cukup jauh, tidak memungkinkan virus baru dengan nama 2019-novCoV itu tertular. 

Ketua Ikatan Dokter Indonesia, Daeng M. Faqih menjelaskan, penularan virus corona terjadi melalui cairan dari penderita yang masuk ke tubuh orang yang sehat. 

"Menularnya dengan kontak langsung lewat percikan waktu batuk dan bersin atau tersentuh langsung cairan tubuh penderita seperti ingus, ludah, darah. Jadi secara medis (warga Natuna) aman," kata dr. Faqih kepada Kompas.com, Selasa (4/2) malam. 

Baca Juga: Viral! Video karyawan McDonald's diduga lakukan kecurangan transaksi

Editor: Handoyo .

Terbaru