Tanggul pantai utara Jakarta dibangun tahun depan

Jumat, 09 November 2018 | 11:16 WIB   Reporter: Umi Kulsum
Tanggul pantai utara Jakarta dibangun tahun depan

ILUSTRASI. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan


TANGGUL RAKSASA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut pembangunan tanggul pantai Jakarta akan mulai dikerjakan di tahun depan.

Hal ini menyusul setelah pembahasan yang dilakukan pemerintah provinsi (Pemprov) DKI dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Anies menyebut, pembangunan tanggul pantai harus segera dilakukan lantaran ada kebutuhan mendesak dan dirasa penting bagi pencegahan banjir rob di wilayah Ibu Kota. 

Kemarin, Anies menyebut telah bertemu dengan Direktur sungai dan pantai PUPR membicarakan lebih lanjut mengenai hal ini. Adapun panjang tanggul pantai itu diperkirakan ada 3,7 kilometer (km)-3,8 km.

"Tanggul pantai memang kita berkesimpulan, ya itu yang memang kita butuhkan," kata Anies kepada Kontan.co.id, saat ditemui di Redtop Hotel Jakarta, Jumat (9/11).

Anies bilang pembangunan tanggul laut raksasa atau Giant Sea Wall (GSW) tidak turut dibahas dalam pertemuan kemarin dengan PUPR. Sejauh ini, Anies masih akan mengkaji ulang terkait rencana pembangunan GSW ini.

"GSW itu kami sampaikan tapi tidak ada pembahasan khusus. Namun, tanggul laut ini menurut posisi kami tidak dibutuhkan," jelasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru