Target tuntas 2022, konstruksi Tol Indralaya-Prabumulih tembus 25%

Kamis, 21 Januari 2021 | 16:58 WIB Sumber: Kompas.com
Target tuntas 2022, konstruksi Tol Indralaya-Prabumulih tembus 25%

ILUSTRASI. Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek jalan tol Trans Sumatera ruas Palembang-Bengkulu Seksi Indralaya-Prabumulih


JALAN TOL - JAKARTA. Konstruksi Jalan Tol Palembang-Muara Enim segmen Indralaya-Prabumulih sepanjang 65 kilometer telah mencapai progres signifikan sejak dimulai pembangunannya pada Juli 2020.

Pantauan di lokasi di Desa Sejaro Sakti Kecamatan Indralaya, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Rabu (20/01/2021), tampak tiang pancang yang menjadi pondasi jalan tol sudah banyak terpasang.

Sejumlah pekerja juga terlihat tengah menganyam besi untuk pembangunan fly over di lokasi tersebut. Sedangkan pekerja lain tampak berada di atas ketinggian tengah mengecor beton bagian atas dari fly over.

Hal yang sama dilakukan pekerja lain yang melakukan pengecoran badan jalan dan merapikannya. Proyek Manager Tol Indralaya-Muara Enim ruas Indralaya-Prabumulih Hasan Turcahyo mengatakan, pembangunan jalan tol ruas Indralaya-Prabumulih secara keseluruhan sudah mencapai 25 persen dengan panjang jalan yang sudah dikerjakan mencapai 34 persen.

Hasan optimistis, konstruksi fisik jalan bebas hambatan dengan nilai investasi Rp 6,7 triliun ini dapat diselesaikan pada Semester II-2022.

Baca Juga: BPJT: Jaringan jalan tol bertambah 258 km di tahun 2020

"Pekerjaan kita mulai di Juli 2020 lalu dan saat ini telah mencapai 25 persen. Jika tidak ada halangan maka ruas tersebut bisa digunakan pada semester kedua tahun 2022," kata Hasan.

Dalam pelaksanaannya, pekerjaan tol ini menggunakan tiga macam teknologi konstruksi mengikuti kontur lahan.

"Teknologi konstruksi itu adalah tiang pancang, timbunan biasa, dan PVD Free Loading," ungkap Hasan.

Pekerjaan Tol Indralaya-Prabumulih terus berlanjut di tengah kondisi Pandemi-19. Meski demikian, Hasan memastikan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat dan pengaturan jam kerja disesuaikan sedemikian rupa.

"Pandemi (pekerjaan) tetap jalan, tapi kita terapkan protokol Covid-19, pekerja juga diberikan jam kerja yang normal," pungkas Hasan. (Kontributor Ogan Komering Ilir, Amriza Nursatria)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Konstruksi Tol Indralaya-Prabumulih Tembus 25 Persen, Target Tuntas 2022",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru