Tawarkan kerja sama, Inggris alokasikan US$ 5 miliar untuk infrastruktur Jakarta

Jumat, 26 Oktober 2018 | 19:58 WIB   Reporter: Umi Kulsum
Tawarkan kerja sama, Inggris alokasikan US$ 5 miliar untuk infrastruktur Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Dubes Inggris Moazzam Malik


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima kedatangan Duta Besar (Dubes) Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik di Balai Kota, Jakarta, Jumat (26/10). Dalam pertemuan tersebut membahas mengenai rencana kerja sama dalam pembangunan infrastruktur Jakarta.

"Negara dan pemerintah Inggris berkomitmen untuk mendukung dan bekerjasama memajukan DKI Jakarta dan Indonesia," kata Dubes Moazzam.

Moazzam bilang, Inggris juga akan berbagi pengalaman kepada DKI Jakarta mengenai perekonomian baik bisnis maupun pembangunan infrastruktur. Selain itu, Inggris juga memberikan tawaran kepada pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk mempercepat pembangunan infrastruktur.

Alokasi anggaran yang dipersiapkan dalam mendukung hal tersebut disebut Moazzam senilai US$ 5 miliar.

"Inggris bersiap-siap diri bersaing dengan tawaran dari China dan Jepang. Jadi kami berkomitmen meningkatkan kapabilitas tawaran kami agar bisa bersaing dengan negara lain," jelasnya

Lebih lanjut, menurut Moazzam, pemerintah Inggris mempunyai lembaga UK Export Finance. Lembaga itu mengurusi kerja sama dalam bentuk pendanaan dari Inggris untuk negara lain.

Di samping itu, Anies menyampaikan bahwa ada hal yang menarik rencana kerja sama tersebut. Dana yang akan dikucurkan nantinya bukan berdenominasi poundsterling, euro ataupun dollar AS tapi rupiah.

"Sehingga tidak terganggu dengan adanya volatilitas nilai tukar rupiah dan ini memberikan stabilitas," ujar Anies

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru