Udara Jakarta terburuk di dunia, Anies curiga kendaraan berat biang keroknya

Senin, 29 Juli 2019 | 23:17 WIB Sumber: Kompas.com
Udara Jakarta terburuk di dunia, Anies curiga kendaraan berat biang keroknya


DKI JAKARTA - JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan curiga, aktivitas kendaraan berat di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) menyebabkan tingginya polusi udara di wilayah selatan Jakarta.

Sebab, berdasarkan hasil pemantauan kualitas udara, polusi di wilayah selatan Jakarta sangat tinggi pada pagi hari. Padahal, wilayah selatan Jakarta bukan wilayah terpadat di Ibu Kota.

"Salah satu kecurigaan, nanti kita ingin bicara dengan pengelola jalan tol, adalah di jalur-jalur JORR dan sekitarnya, di malam hari itu justru terjadi kepadatan kendaraan-kendaraan berat yang volumenya cukup besar," ujar Anies di GOR Rorotan, Jakarta Utara, Senin (29/7).

Baca Juga: PTUN membatalkan SK Gubernur Anies soal pembatalan izin reklamasi Pulau H

Karena itu, kata Anies, kendaraan berat yang melintasi Tol JORR wajib memenuhi ambang batas emisi gas buang. Dia menyebut aturan itu akan diterapkan sesegera mungkin.

"Nanti kita akan pastikan kendaraan-kendaraan berat yang memasuki wilayah JORR itu mereka memenuhi standar emisi sehingga tidak menimbulkan masalah, sesegera mungkin," kata Anies.

DKI Jakarta muncul sebagai urutan pertama kota dengan kualitas udara terburuk di dunia pada Senin (29/7) pagi, berdasarkan informasi dari situs AirVisual. AirVisual merupakan situs penyedia peta polusi daring harian kota-kota besar di dunia.

Baca Juga: Pengakuan warga DKI Jakarta yang lolos verifikasi rumah DP Rp 0

Pada pukul 09.38 WIB, kualitas udara Jakarta tercatat 183 kategori tidak sehat dengan parameter PM2.5 konsentrasi 117,3 ug/m3 berdasarkan US Air Quality Index (AQI) atau indeks kualitas udara. (Nursita Sari)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Anies Curiga Polusi Udara Jakarta Disebabkan Kendaraan Berat",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru