Waduh, Taman Nasional Gunung Merbabu terbakar pada Minggu (14/10) sore

Senin, 15 Oktober 2018 | 06:57 WIB Sumber: Kompas.com
Waduh, Taman Nasional Gunung Merbabu terbakar pada Minggu (14/10) sore

ILUSTRASI. Ilustrasi


KEBAKARAN - MAGELANG. Kebakaran lahan terjadi di lereng Taman Nasional Gunung Merbabu (TNG Merbabu), Minggu (14/10). Titik api terpantau sejak pukul 16.30 WIB, dan belum berhasil padam hingga Minggu malam.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang Edy Susanto melaporkan, kebakaran melanda lahan di sisi barat gunung Merbabu, di atas basecamp Thekelan-Wekas, wilayah Getasan, Kabupaten Semarang.

"Tim gabungan TNG Merbabu telah melakukan pemadaman, namun api yang besar sehingga sampai saat ini belum padam," jelas Edy, Minggu malam.

Sementara itu, Kepala Dusun Thekelan, Desa Batur, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Supriyo, menjelaskan, api membakar lahan yang ditumbuhi vegetasi rumput-rumputan dan semak belukar. Puluhan warga telah membantu melakukan pemadaman meski dengan alat sederhana.

"Begitu kami ketahui ada kebakaran, langsung kami umumkan menggunakan pengeras suara. Ada 50 warga kami yang kemudian naik memadamkan api," katanya.

Kepala Sub Bagian TU TNG Marbabu Johan Setiawan mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan berapa luasan lahan yang terbakar. Tim gabungan dan warga masih melakukan pemadaman.

"Kami telah melakukan pemadaman, namun api membesar. Pemadam kami lanjutkan besok (Senin)," katanya. (Kontributor Magelang, Ika Fitriana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Taman Nasional Gunung Merbabu Terbakar"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru