Warga Jakarta butuh ambulans, silakan hubungi 112

Rabu, 16 November 2016 | 09:35 WIB Sumber: Kompas.com
Warga Jakarta butuh ambulans, silakan hubungi 112


JAKARTA. Warga DKI Jakarta yang membutuhkan layanan mobil ambulans dalam situasi darurat kini bisa menghubungi call center 112. Call center 112 adalah layanan bebas pulsa yang kini sudah bisa diakses seluruh warga yang membutuhkan layanan darurat, dari mulai ambulans, pemadam kebakaran, hingga kepolisian.

Layanan ini hanya khusus berlaku di wilayah Jakarta. Khusus untuk layanan ambulans, pemesanan melalui call center sebenarnya bukan hal yang baru.

Karena Dinas Kesehatan DKI Jakarta sebelumnya juga sudah menjalankan layanan pemesanan ambulans gawat darurat melalui call center 118. Namun, berbeda dengan 112, pengguna call center 118 masih dikenakan pulsa.

"Khusus untuk kesehatan, ada 118. Itu sudah lama. Tapi yang baru ini kalau darurat apa saja di 112. Kalau 118 masih pakai pulsa, 112 pulsanya habis tetap masih bisa nelpon," kata Kepala Dinas Kesehatan Koesmedi Priharto kepada Kompas.com, Rabu (16/11).

Menurut Koesmedi, jumlah ambulans yang khusus digunakan untuk layanan gawat darurat ada 45 unit. Jumlah itu belum termasuk 101 unit ambulans reguler di Suku Dinas dan Puskesmas yang sewaktu-waktu juga bisa difungsikan sebagai ambulans gawat darurat.

24 jam

Koesmedi menyatakan layanan ambulans gawat darurat melayani 24 jam. Menurut dia, hal itu sesuai dengan komitmen Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk siap melayani masyarakat dengan hati hingga tuntas.

"Artinya kalau ada orang yang tidak bisa ke tempat pelayanan, terutama ke rumah sakit, tinggal telpon aja 118 atau 112, nanti petugas kami akan melayani ke rumah masing-masing. Kemudian dibawa ke tempat pelayanan dengan menggunakan ambulans gratis," ucap Koesmedi.

Layanan ambulans gawat darurat melalui call center 112 terintegrasi dengan sistem Jakarta Smart City. Menurut Koesmedi, terintegrasinya sistem membuat pemesan ambulans dapat memantau langsung rute dari mobil ambulans yang dipesannya.

"Jadi ambulans-nya sudah sampai mana tracking-nya bisa dilihat di Jakarta Smart City," pungkas Koesmedi. (Alsadad Rudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru