Waspadai macet! 90.000 kendaraan diperkirakan kembali Ke Jakarta hari ini

Minggu, 01 April 2018 | 14:21 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Waspadai macet! 90.000 kendaraan diperkirakan kembali Ke Jakarta hari ini

ILUSTRASI. KEMACETAN PARAH AKIBAT PEMBANGUNAN


DKI JAKARTA - JAKARTA. Puncak arus balik Libur Paskah 2018 diprediksi akan terjadi hari ini, Minggu (1/4). Volume lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama diperkirakan akan mencapai 90.000 kendaraan. Jumlah tersebut meningkat 19,66% dari lalu lintas normal yaitu sebanyak 75.000.

Sementara itu, pada hari Sabtu (31/3), mulai terlihat dominan lalu lintas arus balik ke arah Jakarta di mana tercatat sebanyak 72.900 kendaraan melalui GT Cikarang Utama atau naik sebesar 19,9% dari lalu lintas normal (60.800 kendaraan).

Sedangkan kendaraan arah Cikampek yang melalui GT Cikarang Utama terpantau mencapai 63.600 kendaraan atau naik sebesar 1,4% dari lalin normal (62.750 kendaraan).

"Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk dapat mengantisipasi perjalanan kembali ke Jakarta baik dari segi waktu maupun jalur alternatif yang dapat digunakan." kata Dwimawan Heru, AVP Corporate Communication Jasa Marga dalam keterangan resminya, Minggu (1/4).

Titik kepadatan Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta diperkirakan akan terjadi di simpang Susun Dawuan karena adanya arus lalu lintas dari Cipali dan Purbaleunyi, Rest Area Km 62, Rest Area Km 52, Km 47 karena adanya awal pekerjaan proyek Jakarta Cikampek II Elevated, Rest Area Km 42, dan GT Cikarang Utama

Untuk mengantisipasi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta, Jasa Marga akan melakukan sejumlah strategi. Pertama, optimalisasi kapasitas lajur dengan melakukan rekayasa lalu lintas contraflow berdasarkan diskresi Kepolisian.

Kedua, pengalihan lalin ke GT Cikarang Barat 2 dan 4 serta pengalihan lalin ke jalan arteri alternatif jika diperlukan berdasarkan diskresi Kepolisian. Ketiga, peningkatan kapasitas transaksi di Gerbang Tol dengan mengoperasikan 29 gardu di GT Cikarang Utama arah Jakarta (pemanfaatan gardu reversible dan portable).

Dan terakhir, melakukan penanganan kepadatan di rest area dengan melakukan pengaturan buka-tutup rest area Km 62, Km 52 dan Km 42 jika terjadi antrian kendaraan di rest area.

Jasa Marga juga mengimbau pengguna jalan tol untuk selalu mematuhi rambu-rambu, berkendara dengan tertib, memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan serta selalu memastikan kecukupan saldo dan melakukan top up uang elektronik sebelum memasuki tol.

Untuk kenyamanan, Jasa Marga juga mengingatkan agar pengendara memastikan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menyiapkan perbekalan yang cukup.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru