Bandara Hang Nadim tetap layani penumpang yang refund tiket

Sabtu, 25 April 2020 | 16:47 WIB Sumber: Kompas.com
Bandara Hang Nadim tetap layani penumpang yang refund tiket

ILUSTRASI. Sejumlah maskapai penerbangan saat terparkir di Appron Bandara Internasional hang Nadim Batam, belum lama ini. Foto:?tribunnews batam/yusuf riyadi


BANDARA - BATAM. Direkrut Badan Usaha Bandar Udara (BUBU) dan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) Bandara Hang Nadim di Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Suwarso mengatakan, meski saat ini Bandara Hang Nadim menghentikan pelayanan untuk sementara hingga 1 Juni 2020 mendatang, namun bandara tersebut tetap buka.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Batam yang ingin melakukan refund atau reschedule tiket pasca tidak adanya rute penerbangan hingga 1 Juni 2020 mendatang.

Baca Juga: Peringatan, waspadai malaria di tengah pandemi corona (covid-19)

“Kami mengimbau masyarakat yang sudah memiliki tiket dengan jadwal penerbangan pada periode tersebut agar menghubungi pihak maskapai, untuk melakukan refund atau reschedule," kata Suwarso, melalui telepon, Sabtu (25/4/2020).

Namun, tambah Suwarso, pengaturan waktu refund tiket ditentukan oleh pihak operator penerbangan atau maskapai untuk menghindari terjadinya penumpukan di bandara dengan tetap memperhatikan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 seperti menggunakan masker, menerapkan physical distancing, mencuci tangan dan mengukur suhu tubuh.

"Kami juga tengah berkoordinasi intens dengan pihak maskapai untuk membantu masyarakat dalam melakukan proses refund atau reschedule bagi calon penumpang yang sudah membeli tiket. Kami berupaya mengatur sedemikian rupa agar proses tersebut tetap dapat menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19," ujar Suwarso.

Baca Juga: Bandara I Gusti Ngurah Rai sementara hanya layani pesawat kargo dan repatriasi

Selain itu, Bandara Hang Nadim juga tengah menyiapkan pengaturan parking stand pesawat yang akan parkir longstay pada periode ini sehingga tidak mengganggu operasional pesawat kargo atau pesawat yang membawa logistik yang masih beroperasi.

"Semoga dengan diberlakukannya kebijakan larangan mudik dan penghentian sementara layanan terhadap penerbangan penumpang ini dapat membantu signifikan pencegahan penyebaran Covid-19," pungkas Suwarso. (Kontributor Batam, Hadi Maulana)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tidak Beroperasi, Bandara Hang Nadim Tetap Layani Penumpang yang Refund Tiket",

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru