Peristiwa

Besok pagi pukul 07.00, Masjid Kubah Emas Depok siap gelar Shalat Id

Rabu, 12 Mei 2021 | 17:01 WIB Sumber: Kompas.com
Besok pagi pukul 07.00, Masjid Kubah Emas Depok siap gelar Shalat Id

ILUSTRASI. Pada Kamis (13/4/2021), Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas di Limo, Depok, Jawa Barat, siap menyelenggarakan ibadah shalat Idul Fitri. Sumber Foto : masjidkubahemas.com


KONTAN.CO.ID - DEPOK. Pada Kamis (13/4/2021), Masjid Dian Al Mahri atau Masjid Kubah Emas di Limo, Depok, Jawa Barat, siap menyelenggarakan ibadah shalat Idul Fitri. Pengurus Masjid Dian Al Mahri, Eko Sukarno, menyebutkan bahwa ibadah shalat Idul Fitri digelar pukul 07.00. 

"Kapasitas masjid yang jelas 50 persen," kata pria yang akrab disapa Karno kepada Kompas.com, Rabu (12/5/2021). 

Karno melanjutkan, shalat Idul Fitri bukan hanya dilakukan di dalam ruangan masjid tetapi juga di area halaman. 

Petugas akan menerapkan protokol kesehatan, seperti mengecek suhu tubuh para jemaah, menyediakan fasilitas cuci tangan, dan mengatur jarak antarjemaah. Jemaah diharuskan membawa sajadah pribadi dan dalam kondisi sehat. 

Baca Juga: NU, Muhammadiyah, dan Pemerintah kompak rayakan Lebaran pada Kamis 13 Mei 2021

"Kalau masjid sudah penuh, pintu masuk depan akan kami tutup," ungkap Karno. 

Sebelumnya, Wali Kota Depok Mohammad Idris mengizinkan diselenggarakannya shalat Idul Fitri di masjid, tetapi dengan protokol kesehatan ketat. Area shalat Idul Fitri harus dibersihkan, jalur keluar/masuk dibatasi untuk memudahkan pengawasan protokol kesehatan, dan disediakan fasilitas cuci tangan. 

Idris juga mengimbau pelaksanaan ibadah dipersingkat. "Setiap jemaah menggunakan masker dan membawa perlengkapan ibadah sendiri. Sebelum dan setelah shalat Idul Fitri, tidak diperkenankan bersalam-salaman/kontak fisik," kata Idris dalam Surat Edaran Nomor 451/203-Huk tentang Penyelenggaraan Kegiatan Itikaf, Shalat Idul Fitri, dan Perayaan Idul Fitri 1442 H Selama Pandemi Covid-19. 

Baca Juga: Pandemi belum usai, Shalat Id di ruang terbuka hanya untuk zona kuning dan hijau

"Jemaah lanjut usia yang memiliki penyakit komorbid dan orang yang sedang sakit untuk tidak mengikuti kegiatan shalat Idul Fitri," lanjut Idris.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masjid Kubah Emas Depok Siap Gelar Shalat Id Besok Pagi, Gerbang Ditutup jika Kapasitas Sudah 50 Persen"
Penulis : Vitorio Mantalean
Editor : Egidius Patnistik

 

Selanjutnya: Simak panduan shalat Ied agar dapat beribadah dengan khusyuk dan aman dari Covid-19

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru