Dilanda longsor, jalan lintas Siantar - Parapat lumpuh

Kamis, 13 Mei 2021 | 22:23 WIB Sumber: TribunNews.com
Dilanda longsor, jalan lintas Siantar - Parapat lumpuh

Beginilah penampakan saat pusat Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun diterjang banjir, Kamis (13/5/2021). (Tribun-medan.com/ IST)


BENCANA ALAM -  MEDAN. Pusat Kota Wisata Parapat, Kabupaten Simalungun diterjang banjir pada hari Kamis (13/5/2021). Selain banjir di Pusat Kota, Jalan Lintas Sumatra Siantar-Parapat tepatnya di Desa Sualan, Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon tertutup material longsor.

Dampak banjir tersebut, lalu lintas lumpuh di sepanjang Jalan Panatapan Sualan tepatnya di depan Gereja HKBP Sualan. Material longsor dengan kandungan material bebatuan, lumpur serta bongkol kayu menumpuk di Badan Jalan.

Kapolres Simalungun AKBP Agus Waluyo dihubungi Tribun Medan, mengatakan, saat ini anggota Polres Simalungun telah dikerahkan membersihkan material banjir.

Baca Juga: Kemenhub siap bangun infrastruktur transportasi di lima Bali baru

"Untuk sementara masih dikendalikan anggota, saya lagi menuju TKP. Untuk sementara juga, arus lalin ditutup agar tidak melintas dari lokasi karena rawan longsor,"ujar Agus Waluyo.

Menurut keterangan warga, banjir tersebut mulai terjadi sejak Pukul 15.30 WIB setelah hujan deras. Akibat banjir, Kota Parapat juga kini lumpuh. Sejumlah kendaraan terjebak, dan harus memutar balik.

Bahkan, ada kendaraan yang terseret banjir di Jalan Sisingamangaraja Parapat. Banjir tersebut berasal dari Bukit Bangun Dolok Parapat. Sungai kecil yang tepat bermuara ke Danau Toba tersebut tak mampu menampung debit air.

Baca Juga: Ini rencana rinci proyek Tol Trans Sumatera

Air pun melewati jembatan dan membanjiri Jalan Sisingamangaraja Parapat. Akibat banjir tersebut, sepeda motor pun ada yang sampai terseret dan arus lalu lintas terganggu.

Diketahui, penebangan kayu legal maupun illegal di sekitar perbukitan Parapat memiliki dampak serupa memicu terjadinya banjir.


Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Jalinsum Siantar Parapat Tertutup Longsor setelah Banjir Bandang Parapat, Lalu Lintas Lumpuh, Penulis: Arjuna Bakkara
Editor: Randy P.F Hutagaol

Selanjutnya: Empat ruas jalan tol Trans Sumatera ditargetkan rampung tahun ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru