Mulai Sabtu ini, ada rapid test antigen acak bagi penumpang KRL di empat stasiun

Sabtu, 15 Mei 2021 | 15:25 WIB Sumber: Kompas.com
Mulai Sabtu ini, ada rapid test antigen acak bagi penumpang KRL di empat stasiun

ILUSTRASI. Kereta Commuter line melintas di kawasan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Senin (18/1/2021).


TRANSPORTASI - JAKARTA. PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengadakan tes antigen Covid-19 secara acak kepada penumpang KRL di Stasiun Manggarai, Bogor, Bekasi, dan Tangerang mulai hari ini, Sabtu (15/5). Keempat stasiun tersebut dipilih lantaran jumlah penggunanya dinilai cukup banyak selama periode libur Lebaran.

"Tes antigen acak dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam sebuah keterangan, Sabtu. Anne menyatakan, rapid test antigen Covid-19 ini akan dilaksanakan hingga esok hari, Minggu (16/5).

Tes antigen acak, kata Anne, dilakukan sebelum pengguna bertransaksi untuk membeli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun. Pengguna KRL yang mendapat hasil tes negatif akan diperbolehkan melanjutkan perjalanan. "Sementara para pengguna yang hasilnya positif akan tidak diizinkan naik KRL dan datanya dilaporkan ke Satgas Covid-19 setempat," ucap Anne.

Di samping itu, mulai hari ini, KCI juga telah menambah 14 jadwal perjalanan KRL. "Sehingga setiap harinya pada masa libur lebaran ini KAI Commuter mengoperasikan 900 perjalanan kereta," ucap Anne.

Baca Juga: Libur Lebaran, penumpang KRL diproyeksi capai 400.000 akhir pekan ini

Menurut Anne, pada masa libur lebaran ini, pergerakan pengguna KRL terpusat di siang hari yaitu 10:00-13:00 WIB. Anne menyatakan, hingga Sabtu pukul 11.00 WIB, jumlah pengguna KRL Jabodetabek adalah 112.771 orang. Jumlah ini menunjukkan peningkatan 17% dibanding Jumat (14/5).

Sementara, volume pengguna KRL pada Jumat adalah 287.471 orang, bertambah 26,7 persen dibandingkan hari pertama Idul Fitri Kamis (13/5). Anne kemudian mengimbau warga untul mengikuti protokol kesehatan ketika menggunakan jasa KRL. "Jika tidak ada kepentingan mendesak, sebaiknya tetap di rumah dan tidak menggunakan KRL demi kesehatan dan keselamatan bersama pada masa pandemi Covid-19 ini," pungkas dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Mulai Sabtu Ini, Ada Rapid Test Antigen Acak bagi Penumpang KRL di Empat Stasiun.
Penulis: Sonya Teresa Debora
Editor: Bayu Galih

Baca Juga: Pengguna KRL naik selama libur Lebaran, KCI tambah 6 jadwal perjalanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru