Pemprov DKI Jakarta menambah lahan TPST Bantargebang seluas 7,5 hektare

Selasa, 21 September 2021 | 14:13 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov DKI Jakarta menambah lahan TPST Bantargebang seluas 7,5 hektare


SAMPAH - JAKARTA. Pemprov DKI Jakarta menambah lahan Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TSPT) Bantargebang di Kota Bekasi, Jawa Barat, seluas 7,5 hektare. 

Humas Dinas Lingkungan Hidup Pemprov DKI Jakarta, Yogi Ikhwan mengatakan, penambahan luas lahan TPST Bantargebang merupakan salah satu upaya agar TPST Bantargebang bisa terus beroperasi di tengah jumlah sampah yang telah melampaui kapasitas TPST itu. "Kami ada tambahan lahan 7,5 hektare di Bantargebang," kata Yogi, Selasa (21/9/2021).

Lahan tersebut dibeli Pemprov DKI Jakarta dari masyarakat sekitar Bantargebang. Yogi mengatakan, pengadaan lahan TPST Bantargebang itu sudah terealisasi tahun lalu. "Kami beli ke masyarakat sekitarnya, membebaskan lahan di sekitar Bantargebang" ujar dia. 

Baca Juga: Memanfaatkan potensi ekonomi dari tumpukan sampah

Dengan adanya penambahan lahan 7,5 hektare, kini luas lahan di TPST Bantargebang menjadi 117,5 hektare. Selain menambah luas lahan, Yogi mengatakan Dinas LH juga mengupayakan metode landfill mining atau menambang kembali sampah yang sudah berusia 10 tahun. "Sampah yang umurnya 10 tahun itu ditambang, kami olah menjadi bahan bakar untuk pembangkit listrik," ujar Yogi. 

Upaya pengolahan sampah yang lain yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta adalah pembangunan Intermediate Treatment Facility (ITF) di Sunter, Jakarta Utara dengan kapasitas 2.000 ton sampah per hari. Namun hingga hari ini bangunan ITF belum terealisasi. 

Data pada 12 September 2021, ketinggian tumpukan sampah TPST Bantergebang sudah mencapai 50 meter. Ketinggian tumpukan sampah tersebut sudah menempati area seluas 104 hektare dan kemungkinan akan terus bertambah mengingat sampah dari Jakarta mencapai 7.400 ton per hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Tambah Luas Lahan TPST Bantargebang 7,5 Hektare"

Selanjutnya: DLH DKI Jakarta & Chandra Asri Tanda Tangani Kerja Sama untuk Jakarta Recycle Center

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru