Pemprov Sumbar siapkan 5 RS rujukan bagi warga yang alami efek samping vaksinasi

Sabtu, 16 Januari 2021 | 21:48 WIB Sumber: Kompas.com
Pemprov Sumbar siapkan 5 RS rujukan bagi warga yang alami efek samping vaksinasi

ILUSTRASI. Petugas medis menyuntikkan vaksin Covid-19. Tribunnews/Irwan Rismawan


VAKSIN CORONA - PADANG. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat menyiapkan 5 rumah sakit rujukan untuk warga yang mengalami efek samping atau Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) vaksin Covid-19. 

Lima rumah sakit itu adalah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rasyidin Padang, Rumah Sakit Tentara Reksodiwiryo Padang, Rumah Sakit Bhayangkara Padang dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan Pesisir Selatan. 

"Ada di masing-masing daerah yaitu empat di Padang dan satu di Pesisir Selatan," kata Juru Bicara Tim Satgas Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal yang dihubungi Kompas.com, Sabtu (16/1/2021).

Jasman mengatakan rumah sakit itu akan menangani secara khusus jika ada warga yang mengalami efek samping dari vaksinasi Covid-19. Menurut Jasman, pencanangan vaksinasi sudah dilakukan secara berjenjang dari pusat hingga kabupaten dan kota. Untuk pusat dicanangkan Presiden Joko Widodo pada 13 Januari 2021, kemudian satu hari berikutnya di seluruh provinsi dan kemudian kabupaten dan kota. 

Baca Juga: Kemenkes sediakan channel bagi tenaga kesehatan untuk mendaftar vaksinasi Covid-19

"Untuk Sumbar pada 14 Januari yang dicanangkan Gubernur Irwan Prayitno dan kemudian diikuti Padang dan Pesisir Selatan. Sayangnya, Pesisir Selatan ditunda dengan alasan yang tidak masuk akal," kata Jasman. 

Sumbar mendapatkan bantuan 36.920 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac. Setelah dicanangkan ada dua daerah yang mendapatkan prioritas pertama untuk divaksin yaitu Padang dan Pesisir Selatan. Untuk Kota Padang, ada sebanyak 9.128 tenaga kesehatan yang akan divaksin. Sedangkan, di Kabupaten Pesisir Selatan, 1.805 orang. "Setelah itu baru warga daerah lain yang akan divaksin," jelas Jasman.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sumbar Siapkan 5 RS Rujukan bagi Warga yang Alami Efek Samping Vaksinasi"

Selanjutnya: Jokowi: Pemerintah telah mengamankan 426 juta dosis vaksin

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru