Perluasan bandara Sam Ratulangi ditargetkan rampung Agustus tahun 2020

Kamis, 04 Juli 2019 | 20:31 WIB   Reporter: Lidya Yuniartha
Perluasan bandara Sam Ratulangi ditargetkan rampung Agustus tahun 2020


BANDARA - JAKARTA. Pemerintah menargetkan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado akan rampung pada Agustus 2020. Hal ini mengingat pembangan bandara sudah dimulai sejak September.

Saat ini landas pacu bandara Sam Ratulangi sepanjang 2.650 meter x 45 meter dan akan diperpanjang menjadi 2.800 meter. Sedangkan luas terminal saat ini adalah 26.000 meter persegi dengan kapasitas 2,5 juta penumpang per tahun. Anggaran yang dibutuhkan untuk perluasan bandara ini sekitar Rp 500 miliar.

"Dengan pengembangan ini nanti luas terminal penumpang totalnya menjadi 56.000 meter persegi yang bisa mengangkut kurang lebih 6 juta penumpang,” ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan tertulis yang diterima Kontan.co.id, Kamis (4/7).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado ditargetkan untuk meningkatkan kapasitas, sehingga semakin banyak wisatawan yang dapat berkunjung ke wilayah Sulawesi Utara.

“Dengan perbaikan dan perluasan infrastruktur transportasi seperti bandara ini, maka target kita adalah meningkatkan jumlah wisatawan yang ke sini. Karena daerah Sulawesi Utara ini potensi pariwisatanya sangat tinggi,” ujar Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru