Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Jember Terus Dorong Sistem Digitalisasi

Jumat, 22 Juli 2022 | 19:02 WIB   Reporter: Tendi Mahadi
Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Jember Terus Dorong Sistem Digitalisasi

ILUSTRASI. Tingkatkan Pelayanan, Pemkab Jember Terus Dorong Sistem Digitalisasi.


PELAYANAN PUBLIK - JAKARTA. Pemerintah Kabupaten Jember terus mendorong sistem digitalisasi dalam berbagai aspek kehidupan. Hal ini merupakan terobosan dalam meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat. Misalnya saja pembayaran seluruh jenis pajak daerah, masyarakat di Kabupaten Jember sudah melakukan pembayaran secara online Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Jember menamai 'J-Mbako', akronim dari Jember Mbayar Pajak Online. 

Saat meresmikan aplikasi J-Mbako belum lama ini, Bupati Jember Hendy Siswanto mengatakan, aplikasi ini sebuah inovasi yang bertujuan untuk mempermudah para wajib pajak dalam membayar kewajibannya, serta memberikan pilihan yang lebih beragam. 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jember tidak ketinggalan melakukan inovasi digitalisasi. Untuk kecepatan dan ketepatan, Dinas ini menyelenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi SIAK atau Sistem Informasi Administrasi Kependudukan kepada para operator Dispendukcapil setiap Kecamatan. 

Melalui SIAK, pencatatan kependudukan langsung tersentral ke pemerintah pusat. Hendy Siswanto menambahkan, aplikasi ‘SIAK’ Kabupaten Jember, dapat membangun suatu problem solving

Baca Juga: BMKG: Cuaca Besok di Jakarta Sekitarnya Berawan, Berpotensi Hujan Ringan

"Kita harapkan, bahwa pelayanan adminduk bisa tuntas di kecamatan, bahkan di desa atau kelurahan," ujar dia dalam keterangannya, Jumat (22/7).

Tak hanya itu, Kabupaten Jember pun sudah memiliki aplikasi Jember Membangun Melalui Keluarga disingkat J- Bangga dan diresmikan Bupati Hendy Siswanto bertepatan pada Hari Keluarga Nasional, baru-baru ini. Aplikasi ini berada di bawah Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga (DP3AKB). 

Ada 3 jenis pelayanan utama dalam aplikasi J-Bangga, yaitu J-Perempuan Berdaya, J-Keluarga Berkualitas serta J-Anak Terlindungi. 

Hendy Siswanto perlahan membawa sejumlah kemajuan dan perubahan di daerah yang dipimpinnya. Hal ini ditandai peresmian gedung baru Dinas Komunikasi dan Informatika yang beralamat di kompleks Gedung Serba Guna Kaliwates, Jember.

"Saya bangga dengan fasilitas baru yang kita miliki. Lebih bangga lagi karena Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember bisa berinovasi, tidak kalah dengan daerah lainnya. Ini sebagai bukti bahwa Jember semakin keren," kata Hendy Siswanto.

Selain meresmikan gedung baru, Bupati Jember ini sekaligus meluncurkan aplikasi SiKeren dan J-Kopi yang merupakan inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Jember.

Baca Juga: Anie Baswedan Sebut Citayam Fashion Week Tidak Dilarang

Aplikasi SiKeren merupakan Sistem Informasi Kepegawaian dan Kinerja ASN Jember untuk seluruh kegiatan ASN di lingkup Pemkab Jember, sekaligus memonitor pekerjaan ASN agar lebih jelas dan transparansi.

Masyarakat pun menyambut gembira berbagai terobosan yang dibuat Bupati Jember Hendy Siswanto. Jember saat ini dinilai semakin banyak mengalami kemajuan terutama dalam hal pelayanan pada masyarakat.

"Perkembangan di Kabupaten Jember di bawah kepemimpinan Bupati Pak Hendy semakin baik. Infrastruktur misalnya, jalan-jalan di Jember sudah rata, bagus, tak ada lagi jalan yang rusak, pokoknya keren lah, "ujar seorang mahasiswa bernama Puguh saat dimintai komentarnya belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru