TPU ini akan jadi lokasi baru pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Jakarta

Kamis, 28 Januari 2021 | 10:00 WIB   Reporter: Anna Suci Perwitasari
TPU ini akan jadi lokasi baru pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Jakarta


-

 JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menambah lokasi lahan pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19. Hal ini karena ketersediaan lahan pemakaman bagi jenazah pasien Covid-19 di Jakarta saat ini semakin menipis.

Lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 yang tengah disiapkan tersebut nantinya memiliki total kapasitas sebanyak 17.900 petak. Salah satunya berada di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Rorotan di Jakarta Utara. Lahan pemakaman ini sedang dalam tahap persiapan. 

Adapun luas total lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 ini adalah 25 hektare (ha). Pada tahap pertama, Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 seluas 8.100 meter persegi yang bisa menampung kapasitas hingga 1.500 petak makam. 

"Insya Allah minggu depan sudah bisa difungsikan. Sedangkan dalam proses penyiapan (lahan) dan akses jalan menuju tempat pemakaman," ucap Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria melalui keterangan tertulis, Rabu (27/1). 

Baca Juga: Kasus Covid-19 masih melonjak, rumah sakit rujukan diminta tambah tempat tidur

Ariza menuturkan, lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19 tersebut segera siap untuk menampung jenazah pasien Covid-19 pada minggu depan atau awal Februari. 

Selain TPU Rorotan, Pemprov DKI Jakarta juga menyediakan beberapa lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19 lain. Saat ini, lahan pemakaman jenazah pasien Covid-19 tersebut juga tengah disiapkan dan ditingkatkan kapasitasnya untuk menampung jenazah pasien Covid-19. ( Rosiana Haryanti)

Adapun lokasi pemakaman jenazah pasien Covid-19 yakni: 

  1. TPU Bambu Apus 2 (Bambu Wulung) di Jakarta Timur dengan total luas 5 hektar. Namun luasan lahan yang dipakai saat ini untuk pemakaman 3.000 meter persegi dengan kapasitas 800 petak makam. 
  2. TPU Srengseng Sawah 2 di Jakarta Selatan dengan total luas 3,4 hektar. Adapun luas lahan yang tengah disiapkan adalah 1,2 hektar yang dapat menampung 1.900 petak makam. 
  3. TPU Tegal Alur di Jalan Sahabat, Jakarta Barat. Lokasi ini memiliki total luas 1,3 hektar. Namun luas lahan yang disiapkan saat ini adalah 5.000 meter persegi dengan daya tampung sebanyak 800 petak makam. 
  4. Ruang Terbuka hijau (RTH) Kramat Tiga di Lubang Buaya, Jakarta Timur dengan total luas 5,2 hektar dan mampu menampung 9.000 petak makam. 
  5. RTH Jakan Raya Pondok Gede atau Dukuh II di Kramat Jati, Jakarta Timur dengan total luas 2,1 hektar. Lahan ini disebut memiliki kapasitas sebanyak 3.900 petak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemprov DKI Jakarta Siapkan 6 Lokasi Baru untuk Tampung Jenazah Pasien Covid-19".

 

Selanjutnya: Infeksi corona tembus 1 juta kasus, ini saran Apindo ke pemerintah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru