Antisipasi, penerbangan di Bali diminta waspada

Sabtu, 23 September 2017 | 18:11 WIB   Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk
Antisipasi, penerbangan di Bali diminta waspada


STATUS GUNUNG AGUNG - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan hari ini, Sabtu (23/9) mengundang stakeholder dan operator penerbangan terkait untuk melakukan rapat terkait langkah mitigasi sebagai antisipasi kesiapan bencana letusan Gunung Agung bagi keselamatan penerbangan nasional.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso menjelaskan, peningkatan status Gunung Agung menjadi awas belum berdampak terhadap aktivitas penerbangan dari dan menuju Pulau Dewata. Menyikapi hal itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara bersama stakeholder terkait telah menyiapkan rencana kontigensi guna mengantisipasi jika gunung tersebut mengalami erupsi dan berdampak terhadap aktivitas penerbangan.

"Hingga Sabtu pagi WITA, sebaran debu vulkanik (Volcanic Ash) belum terdeteksi. Dengan demikian, kondisi yang terjadi pada Gunung Agung belum memengaruhi operasional penerbangan. "Aktivitas penerbangan baik domestik maupun internasional dan over flying, masih normal", ujar Agus, Sabtu (23/9).

Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengingatkan seluruh insan penerbangan, terutama yang akan melakukan operasional di sekitar Bali untuk waspada. Semua aktivitas operasional penerbangan harus merujuk pada prosedur standar operasi (SOP) yang telah ditetapkan terkait aktivitas gunung berapi.

"Saya instruksikan pada siapa saja, jangan memaksakan untuk terbang kalau memang kondisi tidak memungkinkan dan ada larangan untuk itu. Lebih baik menunggu di darat dengan selamat daripada terbang tapi tidak selamat. Dan untuk maskapai serta pengelola bandara, harus disiapkan antisipasi penanganan penumpukan penumpang di bandara jika terjadi keterlambatan (delay) penerbangan," ujar Agus lagi.

 

Masyarakat juga diimbau untuk tenang. "Jangan terpancing pada isu-isu yang menyesatkan. Hingga saat ini Gunung Agung belum meletus dan pemantauan diintensifkan," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.

Untuk kondisi pada pagi hari ini, Sabtu 23 September 2017 pagi, status aktivitas Gunung Agung masih awas. Telah turun hujan di sekitar Bandara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar Bali dan cuaca masih terpantau baik.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru