Ikut Aksi Kita Indonesia, Transjakarta denda PPD

Senin, 05 Desember 2016 | 21:40 WIB Sumber: Kompas.com
Ikut Aksi Kita Indonesia, Transjakarta denda PPD


JAKARTA. Manajemen Transjakarta akan menjatuhkan sanksi berupa denda kepada salah satu operatornya, yaitu Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Puluhan bus Transjakarta yang dioperasikan PPD  didapati tertempel stiker partai politik dan disewa untuk mengangkut massa aksi Kita Indonesia pada Minggu (4/12) kemarin.

"Kami sudah bikin surat teguran ke PPD dan denda yang diperuntukkan bagi PPD nanti. Angkanya akan kami cek lagi ke lapangan karena yang kena denda nanti adalah bus di bawah kontrak dengan PT Transjakarta," kata Direktur Utama PT Transjakarta Budi Kaliwono, Senin (5/12).

Budi menjelaskan, sebelum kejadian pada hari Minggu kemarin ada sejumlah bus yang dioperasikan Perum PPD yang dipakai untuk mengantar massa doa bersama pada Jumat lalu. Bus-bus tersebut telat kembali ke pool Ciputat karena mengantar massa hingga ke Jawa Barat.

Saat kembali ke pool Ciputat, karena padatnya antrean bus di sana, bus-bus di dalam pool yang tidak termasuk dalam kontrak dengan PT Transjakarta tidak bisa keluar.

Budi mengungkapkan, Perum PPD berhak menyewakan armadanya kepada pihak lain, asalkan bukan yang statusnya di bawah kontrak dengan PT Transjakarta.

"Karena bus yang bisa disewakan itu tidak bisa keluar, makanya sebagian bus di bawah kontrak dengan kami yang disewakan. Waktu sewa dari Sabtu (3/12) malam sampai sehari. Tapi kami dapat laporan warga dari Minggu pagi, langsung saya telepon PPD dan bus-busnya ditarik kembali," tutur Budi.

Pihaknya kini masih memastikan jumlah bus di bawah kontrak dengan PT Transjakarta yang disewa untuk aksi "Kita Indonesia". Pengecekan dilakukan dengan melacak GPS bus-bus yang keluar pada hari Minggu kemarin.

(Andri Donnal Putera)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru