Surat teguran polisi ke panitia Kita Indonesia

Senin, 05 Desember 2016 | 14:00 WIB Sumber: Kompas.com
Surat teguran polisi ke panitia Kita Indonesia


JAKARTA. Polda Metro Jaya telah melayangkan surat teguran kepada panita penyelenggara aksi Kita Indonesia terkait adanya atribut partai politik di area car free day di Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (4/12) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, surat teguran tertulis tersebut sudah dilayangkan pada Senin (5/12) ini. Surat itu telah diterima oleh salah satu panitia bidang advokasi dan hukum, Taufik Basari.

"Dengan adanya kegiatan itu, Polda Metro Jaya memberikan surat teguran ke panitia.Karena telah menyimpang dari Pergub. Dengan adanya teguran ini sudah sesui dengan Pergub DKI No 12 Tahun 2016 Pasal 7 dan 9 ke-2 huruf c," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya.

Argo menjelaskan, sebelum acara tersebut terselenggara, pihak panitia telah melakukan koordinasi dengan polisi. Pihak panitia telah melayangkan surat pemberitahuan kepada polisi. Namun, karena aksi tersebut berlangsung di area car free day, kata Argo, polisi meminta panitia menyertakan surat rekomendasi dari Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta.

"Karena berkaitan dengan CFD, Dishub diminta membuat rekomendasi yang mendasari surat dari intelijen," ucap dia.

Setelah mendapat surat izin dari Dishubtrans, panitia penyelenggara kembali melakukan rapat dengan pihak kepolisian. Dalam rapat tersebut, polisi telah mengingatkan agar jangan ada kegiatan yang berbau politik di aksi Kita Indonesia.

"Tetapi di sela itu ada kegiatan di dalam itu ada yang menggunakan pakaian parpol, kemudian ada bendera dan ada panggung. Kemudian di panggung itu dilaksanakan kegiatan seperi orasi di situ. Ini tentu tidak diperkenankan dengan adanya Pergub di situ," kata Argo.

(Akhdi Martin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru