Ini arti penutup kepala Makuta Sinatria Jokowi

Sabtu, 26 Agustus 2017 | 21:14 WIB   Reporter: Maizal Walfajri
Ini arti penutup kepala Makuta Sinatria Jokowi


BANDUNG. PERAYAAN HUT KEMERDEKAAN RI - Mengenakan beskap berwarna ungu dan iket kepala Makuta Sinatria, Presiden Joko Widodo memimpin Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan yang dimulai dari Gedung Sate Bandung, Sabtu 26 Agustus 2017.

Makuta adalah mahkota, benda penutup kepala yang dipakai di atas kepala. Sementara Sinatria adalah kesatria, suatu karakter, sifat, sikap yang berani, adil, tegas dan jujur.

Dalam budaya Sunda, pemakaian iket kepala menunjukkan pemimpin, sesorang yang sedang menjalankan tugas mulia, seseorang yang sedang mencari peningkatan kebaikan diri.

Dengan memakai rupa iket sunda ‘makuta sinatria’, menunjukkan bahwa pemakai iket ini memberikan wejangan bahwa dirinya telah melaksanakan 'Tilu Eusi Diri' yakni tiga sikap diri, pertama mencerminkan sikap berani dan adil dalam membuat pilihan keputusan demi menegakkan keadilan dan kebenaran sejati.

Sikap selanjutnya adalah panceg yang berketetapan hati atau tegas, yakni selalu menggunakan suara hati nurani dalam mengemban tugas lahiriah maupun bathiniah.

Sikap terakhir adalah Silih Wangi atau saling mewangikan dan saling memberikan kebaikan; melindungi mengayomi dengan sikap welas asih (kasih sayang) untuk pencapaian kebaikan dan kesejahteraan bersama. Menjalankan Kebaikan untuk sesama, keluarga, masyarakat, negara juga pribadi diri sebagai hamba Tuhan Yang Maha Esa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia

Terbaru