Pendatang baru di Jakarta diprediksi lebih banyak

Senin, 03 Juli 2017 | 18:30 WIB Sumber: Kompas.com
Pendatang baru di Jakarta diprediksi lebih banyak


JAKARTA. Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Edison Sianturi memperkirakan jumlah pendatang baru yang datang ke Jakarta pasca-Lebaran 2017 ini lebih tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Sebab, masa arus balik Lebaran berdekatan dengan masa masuk sekolah.

"Tahun ini yang paling agak tinggi perkiraan kami, karena dibarengi dengan tahun ajaran baru. Itu pasti meningkat karena di Jakarta ini pilihan untuk sekolah itu banyak sekali," ujar Edison di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (3/7).

Selain karena alasan pendidikan, Edison menuturkan, kantong-kantong pendatang baru biasanya ada di daerah-daerah perindustrian. Edison menyebut hal tersebut selalu sama dari tahun ke tahun.

"Kebanyakan sasarannya di tempat industri yang ada pabrik. Kedua, tempat hiburan, dekat-dekat hiburan," kata dia.

Selain itu, kantong-kantong pendatang baru berada di daerah perdagangan, perekonomian, dan perniagaan. Meskipun begitu, Edison belum dapat menyebutkan jumlah pendatang baru pada tahun ini karena pendataan baru selesai pada dua pekan pasca-Lebaran.

"Kami akan segera menyebarkan formulir ke RT/RW, nanti kami akan umumkan lagi data pendatang baru di DKI Jakarta setelah H+14," ucap Edison.

Dengan adanya pendatang baru, Edison berharap daerah-daerah asal pendatang untuk membuat balai latihan kerja (BLK).

"Jadi sama aja sebenarnya kayak TKI ke luar negeri, kan ada pelatihan dulu. Seharusnya daerah membuat BLK sehingga apabila penduduknya mau mencari kerja di perkotaan itu sesuai," kata Edison. (Nursita Sari)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru