Erupsi Gunung Ruang, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Pastikan Operasional Aman

Kamis, 18 April 2024 | 10:24 WIB   Reporter: Diki Mardiansyah
Erupsi Gunung Ruang, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Pastikan Operasional Aman

SPBU Pertamina di Pulau Tagulandang, Sulawesi Utara.


BBM - JAKARTA. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi memastikan sarana dan fasilitas pelayanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) dan Agen Minyak Tanah dalam kondisi aman.

Seperti diketahui, Gunung Ruang yang terletak di seberang pulau Tagulandang, Kab. Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara, mengalami erupsi pada (16/4).

Baca Juga: Gunung Ruang Berstatus Awas, Ini Status Terbaru Gunung Api di Indonesia

Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw mengatakan, pihaknya terus memantau kondisi diseluruh wilayah operasional Pertamina di Sulawesi Utara. Terutama di wilayah Kepulauan Sitaro yang paling dekat dengan pusat letusan.

“Saat ini tidak terdapat dampak secara langsung ke Lembaga Penyalur seperti di SPBU dan Agen Minyak Tanah dari sisi operasional ataupun keamanan dan masih beroperasi normal, namun kami tetap waspada apabila terjadi hujan abu di sekitar lokasi,” ujar Fahrougi dalam keterangan resmi, Kamis (18/4).

Pemerintah menetapkan status Gunung Ruang menjadi “Siaga”, masyarakat yang bermukim di Pulau Ruang dievakuasi di Pulau Tagulandang untuk mengantisipasi dampak erupsi.

Fahrougi menuturkan bahwa pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak terkait.

Baca Juga: Konsumsi Pertamax Series Selama Periode Mudik Naik 9,6%

“Kami intens berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah setempat untuk memantau situasi terkini, sehingga nantinya dapat melakukan antisipasi bencana apabila diperlukan dalam kondisi darurat,” pungkasnya.

Pertamina memiliki lembaga penyalur sebanyak 1 SPBU dan 1 Agen Minyak Tanah di Pulau Tagulandang. Penyalur tersebut mensuplai BBM dan Minyak Tanah untuk kebutuhan masyarakat di Pulau Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru