Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Ada Ratusan Gempa Sebelum Meletus

Rabu, 17 April 2024 | 11:45 WIB Sumber: Kompas.com
Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Ada Ratusan Gempa Sebelum Meletus

ILUSTRASI. Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami erupsi pada Selasa (16/4) pukul 19.19 Wita.


ERUPSI GUNUNG - JAKARTA. Gunung Ruang yang terletak di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, mengalami erupsi pada Selasa (16/4) pukul 19.19 Wita. Selain erupsi, Gunung Ruang juga mengalami peningkatan level aktivitas dari level II (waspada) menjadi level III (siaga) mulai Selasa (16/4) pukul 16.00 Wita, dikutip dari Antaranews

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku, Juliana DJ Rumambi ST mengatakan, Gunung Ruang memiliki letusan tipe efusif atau didominasi oleh semburan dan lelehan lava. Meskipun demikian, arah aliran dari lelehan lava belum teramati dengan jelas sehingga warga diimbau untuk mematuhi rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). 

Juliana menyarankan agar masyarakat tidak berada di radius empat kilometer dari pusat kawah aktif. Akibat letusan tersebut, sebanyak 838 warga yang bermukim di Pulau Ruang dievakuasi ke Pulau Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. 

Baca Juga: Warga Dua Desa Diimbau Waspada Pasca Aliran Lava Gunung Ile Lewotolok Capai 1 Km

Ratusan gempa sebelum meletus 

Di sisi lain, Kepala PVMBG Badan Geologi Hendra Gunawan mengatakan bahwa pada periode 1-15 April 2024, Gunung Ruang mengalami gempa ratusan kali sebelum meletus. Tercatat ada 20 gempa vulkanik dalam (VTA), 3 gempa tektonik lokal, dan 163 kali gempa tektonik jauh, dikutip dari Kompas.com, Rabu (17/4). 

Lalu dalam waktu 12 jam sebelum meletus, yaitu pada Senin (16/4/2024) pukul 00.00–12.00 Wita, jumlah gempa vulkanik dalam mengalami eskalasi 198 kejadian dan tercatat gempa tektonik jauh 2 kali kejadian. Lalu, pada Rabu (17/4/2024) pukul 01.08 Wita, erupsi terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi sementara selama kurang lebih 2 menit. 

"Terdengar suara dentuman dan gemuruh letusan masih berlangsung saat laporan sedang dibuat," kata dia. Berdasarkan foto dan video yang dikirimkan PVMBG, terlihat erupsi eksplosif Gunung Ruang terjadi pada pukul 01.08 Wita.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Alami Gempa Sebelum Meletus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru