Inilah 4 Kereta Api Mengalami Perubahan Pola Operasi Perjalanan Daop 4 Semarang

Kamis, 14 Maret 2024 | 07:38 WIB   Penulis: Arif Budianto
Inilah 4 Kereta Api Mengalami Perubahan Pola Operasi Perjalanan Daop 4 Semarang

ILUSTRASI. Inilah 4 Kereta Api Mengalami Perubahan Pola Operasi Perjalanan Daop 4 Semarang


KERETA API INDONESIA -  Inilah 4 kereta api yang mengalami perubahan pola perjalanan Daop 4 Semarang. Semarang terkena banjir, hal ini berdampak pada perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara jawa, tutur Franoto selaku Manager Humas Daop 4 Semarang.

Hujan deras yang melanda Semarang dan sekitarnya pada Rabu malam (13/3/2024) dengan durasi yang cukup lama menyebabkan banjir di beberapa titik.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang melalui akun X/ Twitter resminya (@KAI121) mengumumkan adanya perubahan pola perjalnaan kereta api memutar dari jalur utara jawa via jalur selatan jawa.

Menurut Franoto Wibowo, banjir atau genangan air di Semarang dan sekitarnya menyambangi 3 titik wilayah Daop 4 Semarang. Yaitu petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, Petak Jalan Semarang Bank Jateng - Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu.

"Dengan kondisi saat ini per Kamis (14/3/2024) pukul 00.30 WIB jalur KA pada 3 titik tersebut tergenang air dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel, sehingga tidak memungkinkan untuk dilewati perjalnaan kereta api yang berdampak pada perubahan pola operasi beberapa KA di lintas utara jawa," jelas Franoto.

Hal ini juga berdampak pada sejumlah perjalanan kereta api mulai pukul 00.30 WIB pada lintas utara jawa, akan diputar perjalanannya melalui jalur selatan.

Berdasarkan siaran pers resmi Kereta Api Indonesia, berikut ini adalah 4 daftar KA yang mengalami perubahan pola perjalanan.

Baca Juga: Cuaca Kota Semarang Hari Kamis 14 Maret 2024, Hujan Ringan hingga Berawan

Banjir Semarang

4 Kereta Api yang mengalami perubahan pola perjalanan Daop 4 Semarang:

  1. KA 4 Argo Bromo Anggrek (Jakarta-Semarang-Surabaya) diputar menjadi (Jakarta-Tegal-Prupuk-Purwokerto-Surabaya)
  2. KA 77F Pandalungan (Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta) diputar menjadi (Jember-Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta)
  3. KA 57 Pandulangan (Malang-Solo-Semarang-Jakarta) diputar menjadi (Malang-Solo-Prupuk-Purwokerto-Jakarta)
  4. KA 3 Argo Bromo Anggrek (Surabaya-Semarang-Jakarta) diputar menjadi (Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta)

Pihak Daop 4 Semarang juga meminta maaf atas berubanya pola perjalnan kereta api yang terjadi saat ini.

Baca Juga: Ini Syarat untuk Ikutan Mudik Bareng Jalur Laut dan Kereta Api Kemenhub

"Dengan berubahnya pola operasi perjalanan kereta api ini, KAI mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terimbas perjalnaan KA nya," pungkas Pranoto.

"Kami atas nama manajemen dan seluruh jajaran KAI memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh pelanggan dan kami sedang berupaya maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal, tutupnya.

Bagi Anda yang mungkin berada di Semarang dan sekitarnya selalu ikuti perkembangan dan hati-hati mengingat situasi banjir yang sedang terjadi. Sementara penumpang KA yang mengalami perubahan pola perjalanan juga tetap berhati-hati dan semoga sampai tujuan dengan selamat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru