Banjir Melanda Semarang, 4 Perjalanan Kereta Api Dialihkan

Kamis, 14 Maret 2024 | 01:48 WIB   Reporter: Syamsul Ashar
Banjir Melanda Semarang, 4 Perjalanan Kereta Api Dialihkan

ILUSTRASI. PT KAI (Persero) Daop 4 terus melakukan upaya dalam menangani jalur rel agar dapat segera dilalui kereta api. Perbaikan dengan alat kerja manual untuk meninggikan jalur rel terus dilakukan, hingga akhirnya dapat dilalui oleh 2 KPJR (Kereta Perawatan Jalan Rel) dalam melakukan penanganan. Penanganan juga terus dilanjutkan dengan 1 alat berat yakni excavator yang didatangkan dari Tanggung dan penambahan balas kricak dari Stasiun Kalibodri. Upaya peninggian jalur rel terus dilakukan dengan fokus pada salah satu jalur terlebih dahulu yakni di jalur hulu, dengan pertimbangan lebih memungkinkan. Akhirnya pada hari Selasa, (9/2/21) pukul 09.00 WIB jalur hulu di petak jalan Semarang Tawang - Alastua berhasil dilalui untuk perjalanan Kereta api. (Tribun jateng/Hermawan Handaka)


KERETA API INDONESIA - SEMARANG - Banjir melanda wilayah Semarang Jawa Tengah, menyebabkan PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 4 Semarang mengubah pola operasi perjalanan kereta api. Banjir dan genangan air mengganggu sejumlah titik jalur rel, memaksa pihak KAI untuk memutar perjalanan kereta api dari jalur utara Jawa ke jalur selatan Jawa.

Franoto Wibowo, Manager Humas KAI Daop 4 Semarang mengungkapkan, bahwa banjir atau genangan air terjadi di tiga titik di wilayah tersebut, yakni Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Alastua, Petak Jalan Semarang Tawang Bank Jateng - Semarang Poncol, dan Petak Jalan Mangkang - Kaliwungu. Jalur kereta pada titik-titik tersebut tergenang air dengan ketinggian lebih dari 10 cm di atas kop rel, membuatnya tidak dapat dilalui.

Baca Juga: Bisa dengan Bus & Kereta Api, Ini Cara Daftar Mudik Gratis Kemenhub 2024

Sebagai akibatnya, beberapa perjalanan kereta api mengalami perubahan pola operasi. Berikut adalah daftar perubahan tersebut:

  • KA 4 Argo Bromo Anggrek: Rute Jakarta-Semarang-Surabaya dialihkan menjadi Jakarta-Tegal-Prupuk-Purwokerto-Surabaya.
  • KA 77F Pandalungan: Rute Jember-Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan menjadi Jember-Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.
  • KA 57 Brawijaya: Rute Malang-Solo-Semarang-Jakarta dialihkan menjadi Malang-Solo-Prupuk-Purwokerto-Jakarta.
  • KA 3 Argo Bromo Anggrek: Rute Surabaya-Semarang-Jakarta dialihkan menjadi Surabaya-Brumbung-Gundih-Solo-Jakarta.

Baca Juga: 26 Twibbon Hari Kereta Api Nasional 28 September 2023 yang Bisa Diunggah Di Medsos!

Franoto juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan yang terdampak. Sebagai bentuk kompensasi, KAI akan memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% (tidak termasuk biaya pesan) bagi pelanggan yang terkena dampak penundaan atau keterlambatan akibat banjir. Pembatalan tiket dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di Stasiun, Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp KAI121 di 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau melalui media sosial KAI121.

"Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh pelanggan dan kami sedang berupaya secara maksimal agar seluruh perjalanan KA dapat kembali normal," tutup Franoto, mewakili manajemen dan seluruh jajaran KAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar

Terbaru