: WIB    —   
indikator  I  

Jokowi tinjau lokasi korban erupsi Gunung Sinabung

Jokowi tinjau lokasi korban erupsi Gunung Sinabung

KONTAN.CO.ID - MEDAN. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Tanah Karo, Sumatera Utara untuk meninjau lokasi pengungsian masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung Sabtu (14/10).

Di lokasi pengungsian, Jokowi memastikan penanganan pengungsi terus dilakukan pemerintah. Untuk rumah misalnya, saat ini sudah ada 370 rumah pengungsi yang sudah selesai dibangun.

Selain itu, pengungsi juga sudah diberikan lahan pertanian untuk digarap pengungsi. "Tadi saya tanya apakah sudah digunakan produksi, jawabnya sudah ditanami kentang, artinya yang 370 sudah beres," katanya dalam pernyataan di Sumatera Utara.

Jokowi mengatakan, selain 370 rumah yang sudah selesai tersebut, saat ini pemerintah juga terus berupaya menyelesaikan 2.953 rumah lainnya. Dari 2.953 tersebut, 1.873 ditargetkan selesai tahun ini.

Sementara itu,1.080 lainnya ditargetkan selesai tahun depan. Aktivitas vulkanik Gunung Sinabung sejak 2013 meningkat sampai saat ini. Tercatat sejak tahun tersebut hingga 2017 kemarin, gunung tersebut sudah erupsi lebih dari 2.300 kali. Akibat peningkatan aktivitas tersebut, ribuan masyarakat Sinabung harus mengungsi.


Reporter Agus Triyono
Editor Yudho Winarto

ERUPSI GUNUNG

Feedback   ↑ x
Close [X]