Sinabung meletus, abu letusan capai 4 km

Sabtu, 20 Mei 2017 | 15:17 WIB Sumber: Kompas.com
Sinabung meletus, abu letusan capai 4 km


MEDAN. Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meletus dengan intensitas tinggi, Sabtu (20/5), pukul 06.46 WIB.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional dan Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan singkat kepada wartawan, Sabtu, tinggi kolom abu letusan mencapai 4 kilometer, amplitudo 120 milimeter, dan lama gempa vulkanik 343 detik.

Saat ini, status Gunung Sinabung pada level IV atau awas. Potensi letusan susulan mungkin terjadi.

Masyarakat dan pengunjung diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 kilometer dari puncak dan dalam jarak 7 kilometer untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 kilometer untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 kilometer untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta waspda terhadap ancaman bahaya lahar.

Tidak dapat diprediksikan sampai kapan Gunung Sinabung akan berhenti meletus. Parameter vulkanik dan seismisitas gunung masih tinggi sehingga potensi letusan susulan masih akan tetap berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru