Libur Panjang Paskah, Ganjil Genap, One Way dan Contraflow Disiapkan di Puncak Bogor

Jumat, 29 Maret 2024 | 13:50 WIB Sumber: Kompas.com
Libur Panjang Paskah, Ganjil Genap, One Way dan Contraflow Disiapkan di Puncak Bogor

ILUSTRASI. Rekayasa lalu lintas akan diterapkan di ruas jalan menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, selama libur nasional Paskah ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.


LALU LINTAS - BOGOR. Rekayasa lalu lintas akan kembali diterapkan di ruas jalan menuju kawasan wisata Puncak, Bogor, Jawa Barat, selama libur nasional Paskah 2024. 

Polisi akan memberlakukan aturan ganjil genap, one way, hingga contraflow pada ruas jalan tersebut. 

Rekayasa lalin ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kepadatan arus lalu lintas selama libur panjang Paskah. 

"Untuk rekayasa antisipasi peningkatan volume jalur puncak tetap kita bekerja sama dengan jasa marga untuk menyiagakan tim contraflow," ujar Kepala Bagian Operasional (KBO) Satuan Lalu Lintas Polres Bogor, Iptu Ardian Noviantasari saat dihubungi Kompas.com, Jumat (29/3). 

"Kemudian melaksanakan penerapan ganjil genap dan one way apabila peningkatan arus kendaraan cukup tinggi," imbuh Ardian. 

Baca Juga: Daftar Jalan Tol yang Berlakukan Pembatasan Angkutan Barang selama Libur Lebaran

Dia menjelaskan, penerapan sistem ganjil genap akan diberlakukan di pintu masuk atau di seputaran exit GT Tol Ciawi Km 46+500 Simpang Gadog, Jalan Ciawi, Kabupaten Bogor. 

Sistem ganjil genap berbasis nomor polisi kendaraan ini sudah berlaku sejak Kamis (28/3/2024) pukul 14.00 WIB hingga Minggu (31/3/2024) pukul 24.00 WIB. 

Sistem ini mengharuskan kendaraan untuk menyelaraskan pelat nomor ganjil atau genap pada tanggal di kalender. 

Penentuan ganjil genap merujuk pada angka terakhir nomor polisi kendaraan. 

Petugas akan memeriksa tanda nomor kendaraan atau angka terakhir sebagai syarat bisa melintas atau masuk ke kawasan Puncak. 

Bagi kendaraan yang tidak sesuai ganjil dan genap, maka akan mendapatkan sanksi diputar balik atau dilarang melintas di jalur Puncak. 

"Bagi kendaraan yang ber-TNKB atau berpelat nomor polisi tidak sesuai dengan tanggal diberlakukannya sistem ganjil dan genap, akan diputar balik oleh petugas," ucapnya. 

Sementara untuk skema one way atau satu arah, Ardian menyebut, penerapannya akan diberlakukan secara situasional, bergantung pada kepadatan arus kendaraan yang melintas. 

Baca Juga: Brantas Abipraya Bangun Bendungan Cijurey untuk Atasi Banjir di Karawang dan Bekasi

Begitu pula dengan pengaturan lalu lintas contraflow. Berlaku secara kondisional alias melihat kondisi lapangan atau situasi yang ada. 

Lebih lanjut, Ardian menyebut, segala upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan parah saat arus libur panjang peringatan Wafat Yesus Kristus di jalur Puncak.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Skema Ganjil Genap, "One Way" dan "Contraflow" Disiapkan di Puncak Bogor Selama Libur Panjang Paskah"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru