Sandiaga dinilai belum punya program kelola sampah

Sabtu, 21 Mei 2016 | 16:07 WIB Sumber: Kompas.com
Sandiaga dinilai belum punya program kelola sampah


JAKARTA. Kandidat bakal calon gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengungkapkan, panelis penjaringan calon gubernur dari Partai Demokrat menilai dirinya belum memiliki program kerja unggulan dalam pengelolaan sampah.

Sandiaga menyebut, tawaran solusi darinya dalam pengelolaan sampah yakni mengubah perilaku masyarakat.

"Tadi yang masih saya godok dan tim adalah, tadi Pak Unu (panelis) melihat belum ada program kerja unggulan dalam pengelolaan sampah," kata Sandiaga usai tes wawancara di DPD Demokrat DKI Jakarta, Jumat (21/5).

Mengubah perilaku masyarakat yang dimaksud yakni dengan memperketat aturan soal membuang sampah. Ia mencontohkan Singapura yang menerapkan aturan ketat perihal membuang permen karet.

Menurut Sandiaga, esensinya bukan pada permen karet, tapi pola yang berubah dari masyarakat setelah pemerintah menerapkan secara ketat peraturan tersebut. Sehingga, perlu ada hukum yang tegas bagi para pembuang sampah sembarangan.

Saat ini, kata dia, memang sudah ada peraturan tersebut. Namun, penegakan hukumnya dinilai kurang.

"Selama ini sudah ada, tapi tidak diangkat media dan dihukum. (Di Singapura) Denda, kurungan dan hukuma ketiga itu disabet. Itu secara drastis mengubah perilaku masyarakat. bukan hanya perda, tapi enforcement (penegakkan hukum) yang penting," kata Sandiaga. (Kahfi Dirga Cahya)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru