SMI kucurkan Rp 231 M ke Konawe

Kamis, 28 Juli 2016 | 19:38 WIB   Reporter: Dede Suprayitno
SMI kucurkan Rp 231 M ke Konawe


Konawe. PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) menandatangani perjanjian pembiayaan dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe , Sulawesi Tenggara. Di kerjasama ini, SMI akan mengucurkan pinjaman Rp 231, 97 miliar untuk pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe.

Pembiayaan tersebut berbentuk pinjaman daerah. Nantinya digunakan untuk pekerjaan fisik pembangunan gedung pelayanan kesehatan dan rawat inap. Selain itu, juga untuk pengadaan alat kesehatan.

Proyek tersebut diharapkan dimulai pada akhir 2016. ”Ini untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Kabupaten Konawe dan sekitarnya,” ujar Direktur Utama PT SMI, Emma Sri Martini dalam keterangan tertulis Kamis (28/7).

RSUD Konawe akan menjadi satu-satunya fasilitas kesehatan sekunder di wilayah ini. Dengan demikian, RSUD sebagai penyedia layanan kesehatan bakal menjadi objek penting di Konawe.

Sebagai informasi, RSUD Konawe telah ditunjuk menjadi Rumah Sakit Rujukan Regional untuk melayani 4 (empat) kabupaten yaitu Kabupaten Kolaka Timur, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Utara, dan Kabupaten Konawe sendiri. “Pembangunan dan pengembangan rumah sakit diperlukan untuk mendukung hal tersebut,” jelas Bupati Kabupaten Konawe, Kery Saiful Konggoasa.

Pembiayaan tersebut juga ditujukan untuk penambahan fasilitas tempat tidur yang disesuaikan dengan standar WHO (world health organization). Juga ditujukan untuk penambahan fasilitas Pelayanan Obstetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK). Sehingga diharapkan, angka kematian ibu melahirkan dapat ditekan. ”Dengan pinjaman ini percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur sosial seperti rumah sakit, khususnya di wilayah Konawe, dapat terwujud,” ujar Emma.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru