Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum mulai Sabtu ini

Sabtu, 13 Maret 2021 | 08:14 WIB Sumber: Kompas.com
Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum mulai Sabtu ini

ILUSTRASI. Taman Margasatwa Ragunan kembali dibuka untuk umum mulai Sabtu ini (13/3). Lansia tetap tak diperbolehkan.


DKI JAKARTA - JAKARTA. Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, mulai dibuka untuk kegiatan wisata masyarakat mulai Sabtu ini (13/3). Sebelumnya, Taman Ragunan ditutup seiring dengan adanya pandemi Covid-19.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi Taman Margasatwa Ragunan Ketut Widarsana mengatakan, masyarakat bisa datang ke Ragunan mulai pukul 07.30 WIB. “Jam operasionalnya mulai 07.30 WIB sampai tutup loket 14.30 WIB,” ujar Ketut saat dihubungi, Jumat (12/3).

Menurut Ketut, pembukaan Ragunan dilakukan sesuai Keputusan Gubernur Nomor 213 Tahun 2021 tentang Perpanjangan PPKM. Untuk berkunjung, masyarakat tetap harus membeli tiket secara online H-1 sebelum kunjungan melalui akun Instagram @Ragunanzoo.

Baca Juga: Inilah pelonggaran tempat rekreasi di Jakarta selama PPKM 9-22 Maret 2021

KTP non-DKI dibolehkan

Pada pembukaan kali ini, Ketut memastikan warga di luar Jakarta dibolehkan untuk mengunjungi taman margasatwa ini. "Kalau sebelumnya hanya boleh warga DKI Jakarta yang datang, sekarang warga KTP non-DKI Jakarta boleh ke Ragunan,” jelas Ketut.

Ia menambahkan, kapasitas pengunjung Ragunan dibatasi 50 persen dari total kapasitas pengunjung setiap harinya.

“Untuk protokol kesehatan lainnya tetap kami jalankan. Pakai masker, mencuci tangan, dan jaga jarak tetap dijalankan. Di pintu masuk tetap ukur suhu,” kata Ketut.

Wahana-wahana dan pusat kuliner di dalam Ragunan juga telah dibuka.

Ibu hamil dan lansia

Sementara itu, anak-anak, ibu hamil, dan lansia masih dilarang berkunjung. “Untuk anak 0-9 tahun, ibu hamil, lansia di atas 60 tahun belum boleh datang,” sambung Ketut.

Kemudian, Ketut memprediksi, hanya ada sepertiga pengunjung dari total kapasitas pengunjung yang diperbolehkan datang ke Ragunan.

“Kita semua berharap pasti agar pandemi ini segera berakhir. Jadi aktivitas wisata mulai biasa. kegiatan normal, dan pengunjung semakin banyak. Tentu juga situasi makin kondusif,” tambah Ketut.

Baca Juga: DKI Jakarta mulai buka taman dan hutan kota, lansia masih dilarang masuk!

Penulis : Sonya Teresa Debora
Editor : Krisiandi

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mulai Sabtu Ini, Taman Margasatwa Ragunan Kembali Dibuka untuk Umum".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat

Terbaru