Camat Pulogadung promosi jadi wakil kadishubtrans

Jumat, 04 September 2015 | 22:30 WIB Sumber: Kompas.com
Camat Pulogadung promosi jadi wakil kadishubtrans


Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mempromosikan Teguh Hendrawan yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Pulogadung menjadi Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Wakadishubtrans) DKI Jakarta.

Jabatan itu sebelumnya dipegang oleh Pargaulan Butar-Butar. Hal ini merupakan gebrakan Basuki setelah menjadikan mantan Camat Jatinegara Andri Yansyah sebagai Kepala Dishubtrans DKI Jakarta.

"Saya kan bilang yang paling tahu wilayah itu adalah lurah dan camat. Nah kami sudah tes kemarin camat (jadi Kadishubtrans), begitu kami tes Andry jalan tuh," kata Basuki, di Balai Kota, Jumat (4/9/2015).

Menurut Basuki, Andry mampu menaklukkan diri kepada kepolisian. Sebab, Basuki menginginkan polisi lalu lintas yang mengatur lalu lintas di ruas jalan ibu kota. Sehingga ada satu komando antara Polantas dengan Dishubtrans DKI.

Kepolisian, kata Basuki, paling mengerti tentang pengaturan lalu lintas. Sehingga yang dibutuhkan kepolisian hanyalah tambahan pasukan, peralatan, serta kendaraan.

"Kalau kamu terlalu ngerti Dishubtrans, kamu jadi sombong. Kalo (Dishubtrans) dulu tuh ngotot semuanya mau bikin sendiri. Halte mau bikin sendiri, shelter mau bikin sendiri, bus trayek mau mengatur sendiri," kata Basuki.

Seharusnya, lanjut dia, permasalahan kamera pengawas atau CCTV diserahkan tanggung jawabnya ke Dinas Komunikasi Informasi dan Kehumasan (Diskominfomas) DKI.

Kemudian pengadaan bus diserahkan PT Transjakarta dan lelang halte dilakukan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) DKI.

"Sekarang saya juga enggak pernah sekolah sosial politik, tidak pernah masuk KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) tapi bisa jadi Bupati Belitung Timur dan anggota DPR. Yang penting tuh niatnya, apa susahnya jadi pejabat di Indonesia? Yang penting jangan nyolong, jangan suap yang bengkokkan keadilan, dan kamu ikuti aturan, apa yang susah," kata Basuki. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru