Selain Semanggi, DKI akan bangun 9 persimpangan

Jumat, 08 April 2016 | 17:28 WIB Sumber: TribunNews.com
Selain Semanggi, DKI akan bangun 9 persimpangan


Jakarta. Selain Simpang Susun Semanggi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun berencana membangun simpang tak sebidang lainnya di beberapa lokasi. Ini untuk menghilangkan persimpangan sebidang antara jalan raya dan jalan kereta api, sehingga mengurangi kemacetan.

Adapun lokasi yang akan dibangun jalan simpang tak sebidang diantaranya Bintaro Permai – rel kereta api, perlintasan kereta api di Cipinang Lontar (Cipinang Penjara), dan Jalan Panjang yang melintasi Jalan Kereta Api Jakarta – Tangerang. "Pembangunan simpang tak sebidang ini dimaksudkan untuk mendukung perjalanan kereta api dan mengurangi kemungkinan kecelakaan yang sering terjadi," kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Yusmada Faizal di Semanggi, Jakarta, Jumat (8/4/2016).

Selain meminimalisir kecelakaan kendaarn dengan kereta api, pembangunan tersebut pun ditujukan untuk mengatasi kemacetan. "Disamping juga untuk mengatasi kemacetan lalu lintas yang sering terjadi pada perlintasan–perlintasan kereta api tersebut di atas," katanya.

Tak hanya itu, Dinas Bina Marga juga merencanakan pembangunan simpang tak sebidang untuk menambah kapasitas simpang lalu lintas yang ada. Seperti Fly Over Jembatan Tiga – Pluit (di simpang Jalan Jembatan Tiga – Puit Putra/Putri), Fly Over Pancoran (sejajar Jalan Tol Dalam Kota pada simpang Pancoran).

Kemudian Underpass Mampang – Kuningan (dari arah Mampang menuju Jalan HR Rasuna Said dan sebaliknya), Underpass Matraman dan Salemba, Underpass Kartini (pada simpang Jalan Arteri Pondok Indah menuju Ciputat), dan Underpass Santa (dari arah Jalan Wijaya 2 menuju Simpang Tendean). "Jadi total ada sembilan simpang tak sebidang yang akan dibangun dengan sistem kontrak multiyears," lanjutnya.

Pembangunan persimpangan tak sebidang tersebut dilakukan untuk melengkapi Fly Over Kuningan sisi selatan dan Fly Over Permata Hijau yang telah selesai dibangun Pemprov DKI Jakarta pada tahun anggaran 2015 lalu.

Pembangunan kedua fly over tersebut diharapkan mampu mengurangi kemacetan lalu lintas dan meningkatkan kenyamanan bagi pengguna jalan.
Pada tahun ini juga Pemprov DKI Jakarta sedang membangun Jalan Layang Khusus Busway Tendean – Blok M – Ciledug untuk memberikan privilege bagi pengguna angkutan umum. "Selain jalan simpang tak sebidang, Pemprov DKI Jakarta juga saat ini giat melaksanakan perbaikan jalan – jalan terutama pada jalan – jalan kampung dan jalan lokal," kata Yusmada.

(Amriyono Prakoso)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru