Arus balik libur Imlek, Jasa Marga catat 114 ribu kendaraan kembali ke Jabodetabek

Minggu, 14 Februari 2021 | 19:51 WIB   Reporter: Selvi Mayasari
Arus balik libur Imlek, Jasa Marga catat 114 ribu kendaraan kembali ke Jabodetabek

ILUSTRASI. Sejumlah kendaraan melaju di tol Jakarta - Cikampek. ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/aww.


IMLEK - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencatat sebanyak 114.110 kendaraan menuju wilayah Jabotabek pada hari pertama arus balik libur Tahun Baru Imlek atau Sabtu (13/2). Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) barrier/utama, yaitu GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

Dwimawan Heru, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga mengatakan, total volume lalin yang menuju Jabotabek ini turun 10,6% jika dibandingkan lalin normal. "Untuk distribusi lalu lintas menuju Jabotabek dari ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 47,0% dari arah Timur, 31,9% dari arah Barat, dan 21,0% dari arah Selatan," kata Dwimawan dalam siaran pers, Minggu (14/2).

Adapun rincian distribusi lalin dari arah timur, melalui GT Cikampek Utama 2, dengan jumlah 25.866 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 12,7% dari lalin normal. Sementara dari GT Kalihurip Utama 2, dengan jumlah 25.655 kendaraan menuju Jakarta, turun sebesar 10,9% dari lalin normal.

"Total kendaraan menuju Jakarta dari arah Timur adalah sebanyak 51.531 kendaraan, turun sebesar 11,8% dari lalin normal," ujar Dwimawan.

Baca Juga: Kendaraan yang meninggalkan Jabotabek saat libur turun 8% dari angka normal

Selanjutnya, lalin menuju Jakarta dari arah Barat melalui GT Cikupa Jalan Tol Tangerang-Merak adalah sebesar 38.622 kendaraan, turun sebesar 6,1% dari lalin normal. Sementara itu, jumlah kendaraan yang menuju Jakarta dari arah Selatan/Lokal melalui GT Ciawi 2 Jalan Tol Jagorawi sebanyak 23.957 kendaraan, turun sebesar 14,6% dari lalin normal.

Jasa Marga memprediksi puncak arus balik menuju Jabotabek dalam rangka libur Tahun Baru Imlek terjadi pada hari ini, Minggu (14/02). Prediksi untuk jumlah kendaraan yang kembali ke Jakarta pada hari ini mencapai 154.079 kendaraan. Prediksi Volume lalin ini merupakan kumulatif arus lalin dari empat GT barrier/utama yang telah disebutkan sebelumnya.

Guna mengantisipasi potensi kepadatan di jalan tol, Jasa Marga mengimbau agar pengguna jalan dapat mengatur waktu perjalanan kembali ke Jakarta dan memohon kerja sama pengguna jalan untuk menghindari pulang bersamaan di hari Minggu, 14 Februari 2021, yang diprediksi menjadi puncak arus balik untuk libur Tahun Baru Imlek.

Jasa Marga juga terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas, seperti contraflow dan penempatan petugas di lokasi rawan kepadatan. Jasa Marga juga senantiasa mengimbau agar pengguna jalan tol memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di rest area, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup, mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara.

Selanjutnya: Tol Cipali KM 122 ambles, Menteri PUPR instruksikan 3 hal ini

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru