Blok G Tn Abang akan dirobohkan dan dibangun lagi

Kamis, 21 Desember 2017 | 15:10 WIB   Reporter: Rizki Caturini
Blok G Tn Abang akan dirobohkan dan dibangun lagi


DKI JAKARTA - JAKARTA. PD Pasar Jaya akan merobohkan Blok G Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. PD Pasar Jaya kemudian akan membangun kembali pasar tersebut.

Direktur Utama PD Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, menurut rencana Blok G dibangun dengan bangunan baru. Bangunan Blok G akan dirobohkan pada 2018. PD Pasar Jaya kemudian akan membangun ulang pasar tersebut pada tahun yang sama.

"Itu akan dirobohkan karena usia gedung sudah 30 tahun. Kalau sudah groundbreaking di 2018 dalam dua tahun sebenarnya sudah bisa jadi," katanya.

Saat ini pihaknya tengah mencari lahan kosong untuk membangun tempat penampungan sementara bagi sekitar 900 pedagang yang saat ini berjualan di Blok G.

Menurut Arief, ada lahan seluas 3.000 meter persegi (m2) di belakang Blok G yang akan habis disewa pada 2017. PD Pasar Jaya akan menyewa lahan itu sebagai tempat penampungan sementara PKL.

Blok G Pasar Tanah Abang yang dibangun ulang akan dilengkapi 1.500 unit rumah susun sederhana sewa (rusunawa). "Di awal kami perencanaannya adalah rusun. Untuk umum sebenarnya, tetapi mungkin pedagang itu skala prioritas supaya mereka enggak jauh-jauh berjualan," kata Arief.

Selain itu, nanti akan dibangun jembatan (sky bridge) yang menghubungkan Blok G dengan blok-blok lain di Pasar Tanah Abang. Rencana lainnya adalah Pasar Blok G akan menjadi tempat pemberhentian moda transportasi berbasis kereta, antara lain kereta ringan (LRT). (Nursita Sari)

Berita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Blok G Pasar Tanah Abang Akan Dirobohkan dan Dibangun Kembali 2018

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizki Caturini

Terbaru