Ini rekayasa lalu lintas saat car free night

Rabu, 28 Desember 2016 | 11:06 WIB Sumber: Kompas.com
Ini rekayasa lalu lintas saat car free night


JAKARTA. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar car free night pada malam pergantian tahun 2017 atau pada 31 Desember 2016. Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Andri Yansyah mengatakan, car free night dimulai dari Patung Kuda hingga Semanggi Jalan Sudirman-Thamrin.

Dishubtrans DKI menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk pelaksanaan car free night.

1. Dari arah utara ke selatan, titik alih arus di Harmoni. Arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke Jalan Juanda-Pasar Baru-Gunung Sahari atau ke Lapangan Banteng-Jalan Medan Merdeka Timur-Tugu Tani, dan seterusnya.

2. Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan mengarah Jalan Medan Merdeka Utara diluruskan ke Harmoni-Jalan Suryo Pranoto atau Jalan Gajah Mada.

3. Arus dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan mengarah ke Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Perwira-Adipura Pasar Baru-Gunung Sahari atau Veteran Raya-Harmoni-Jalan Suryo Pranoto atau ke Jalan Gajah Mada.

4. Arus dari Tugu Tani yang akan mengarah ke Thamrin diarahkan ke Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Pasar Baru, dan seterusnya.

5. Akses-akses jalan yang menuju Jalan Sudirman-Thamrin akan diarahkan balik, baik yang dari sisi Barat ke Timur atau sebaliknya.

6. Arus lalu lintas dari Cawang mengarah Sudirman akan dialihkan ke arah selatan Sudirman-Senopati dan seterusnya atau diluruskan ke arah Slipi.

7. Arus dari Slipi yang akan mengarah Sudirman diluruskan ke arah Cawang-Rasuna Said dan seterusnya.

8. Arus dari Selatan/Pattimura Sisingamangaraja dialihkan ke Barat arah Jalan Gatot Subroto atau ke Timur arah Cawang.

"Apabila terjadi kepadatan di sekitar Semanggi alih arus akan dilaksanakan di Bundaran Senayan arus dari Patimura atau Senopati atau Sisingamangaraja dialihkan ke Jalan Asia Afrika-Pakubuwono dan seterusnya," kata Andri, dalam keterangan tertulis yang diterima Rabu (28/12).

Begitu pula arus lalu lintas yang dari jalan tol akan disesuaikan dengan distribusi arus atau menyesuaikan perkembangan di lapangan. Pengalihan arus lalu lintas ini akan dimulai pukul 17.00 hingga 02.00.

"Diimbau kepada masyarakat, pukul 01.00 sudah meninggalkan lokasi car free night," kata Andri.

Pengendalian pengalihan arus lalu lintas secara manual akan dilaksanakan personel Ditlantas Polda Metro Jaya, Dishubtrans, dan stakeholder lalu lintas lainnya.

"Bus Transjakarta tetap beroperasi," kata Andri.

Sebanyak lima panggung hiburan akan didirikan di sepanjang jalur car free night, yakni di lapangan futsal Monas sisi Timur, depan Gedung Jaya Jalan MH Thamrin, Jalan Imam Bonjol Bundaran Hotel Indonesia, Chess Plaza Jalan Sudirman, dan pertigaan Bendungan Hilir. (Kurnia Sari Aziza)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru