Masjid Istiqlal tetap gelar shalat Jumat berjamaah pada pekan ini

Rabu, 18 Maret 2020 | 14:29 WIB Sumber: Kompas.com
Masjid Istiqlal tetap gelar shalat Jumat berjamaah pada pekan ini

ILUSTRASI. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (13/3/2020).


VIRUS CORONA - JAKARTA. Masjid Istiqlal tetap akan menggelar shalat jumat berjamaah pada Jumat pekan ini walaupun pemerintah telah membatasi kegiatan di luar rumah sejak mewabahnya virus corona. 

Sementara untuk keputusan shalat jumat berjamaah pada pekan depan di Masjid Istiqlal, rencana ini akan didiskusikan kembali dan segera diinformasikan keada masyarakat. 

Baca Juga: Cegah penyebaran virus corona, Masjid Istiqlal disemprot cairan disinfektan

"Untuk besok, minggu ini, sampai detik ini belum ada perubahan, kami tetap melaksanakan shalat jumat berjamaah. Untuk minggu ini, sampai saat ini, belum ada perubahan, belum ada instruksi," kata Kepala Bagian Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi Kompas.com, Rabu (18/3). 

Menurut Abu, pengurus Masjid Istiqlal telah mengantisipasi penyebaran virus dengan menyemprotkan cairan disinfektan. Nantinya, pengurus akan menyediakan alat pengukur suhu dan hand sanitizer bagi pengunjung. 

"Hari ini semoga sudah ada alatnya, alat pengukur suhu tubuh dan cairan (hand sanitizer). Mudah-mudahan hari ini (alatnya datang), jadi besok sudah bisa digunakan," ungkap Abu. 

Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo telah mengimbau warga untuk membatasi aktivitas di luar rumah di tengah pandemi virus corona tipe 2 (SARS-CoV-2) yang menyebabkan Covid-19. 

Hingga Selasa (17/3) sore, ada 172 kasus pasien positif virus corona atau  Covid-19. Dengan demikian, jumlah ini bertambah 38 orang dari pengumuman terakhir yang dilakukan pada Senin (16/3) sore. 

Baca Juga: Indonesia pastikan tak hentikan sholat Jumat dan tarawih karena corona

"Total ada 172 kasus, kasus meninggal tetap lima orang," ujar Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto dalam konferensi pers di Kantor BNPB, Selasa sore. (Rindi Nuris Velarosdela)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Masjid Istiqlal Tetap Gelar Shalat Jumat Berjamaah pada Pekan Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi

Terbaru